Tabulampot

Mentabulampot Asam Bangkok

Asam yang satu ini berasa manis dan dikenal dengan nama asam bangkok. Asal si asam manis ini memang dari Bangkok Thailand. Tapi kalau habitat asalnya dari Afrika Selatan. Asam bangkok didapat dari seleksi berbagai varietas asam.

Di Thailand, asam manis disebut makahm wahn. Introduksi dari Bangkok (Thailand)layak dipotkan, selain dikebunkan. Tabulampot asam tampil menarik ketika berbuah lebat.

Buahnya seperti asam jawa, warnanya coklat, panjangnya antara 5-15 cm. Daging buahnya lengket dan berwarna coklat, membalut bijinya yang keras dan mengkilap.

Yang menjadikannya beda dengan asam "biasa", asam ini bisa dijadikan camilan. Rasanya manis. Aroma khas asamnya masih terasa. Kini asam manis sudah dijadikan komoditi dan banyak dijual sebagai camilan dalam kemasan kotak kardus, di pasar swalayan.

Asam bisa tumbuh pada kondisi bervariatif, dari tanah berpasir, sampai tanah liat berat, dari dataran rendah sampai dataran tinggi diatas 1000 m dpt.
Asam membutuhkan musim kering yang nyata agar berbunga. Perakarannya yang kuat dan dalam, membuat asam tahan kekeringan dan terpaan angin kencang. Di daerah bercurah hujan sangat tinggi ( diatas 4000 mm/tahun), pohon asam sulit berbunga. DI daerah bercurah tinggi merata sepanjang tahun lebih disukai asam.

Pot yang dibutuhkan bisa terbuat dari semen, drum, tanah liat, plastik, kaleng. Pot ideal berukuran panjang 60 cm, lebar 60 cm, tinggi 75 cm. Kalau pot bundar berdiameter 60 cm, tinggi 75 cm.

Dengan drum, ruang tumbuh asam cukup luas, memungkinkan akar dan tajuk mudah diangkat dan dipindah. Bagian dasar pot berdrainase baik, agar air yang berlebihan mengalir lancar. Lubang drainase itu juga berfungsi sebagai lubang aerase yang baik.

Read more ...

Menanam Buah Anggur Dalam Pot

Buah anggur sangat menarik utnuk ditanam dalam pot. Merawat anggur dalam pot tidak berbeda jauh dengan perlakuan anggur di kebun. Bertanam anggur dalam pot merupakan salah satu upaya budidaya tanaman yang mengasyikkan. Kegiatan ini sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki lahan luas atau tidak ada tempat untuk mendirikan para-para. Bertanam anggur dalam pot juga merupakan upaya menyalurkan hobi.

Memulai bertanam anggur, yang pertama dilakukan adalah memilih varietas sesuai lokasi penanaman. Kalau lokasinya di dataran rendah 0-300 m dpt dengan iklim kering, yang terbaik menanam anggur eropa dengan kultivar atau varietas Probolinggo Biru, Probolinggo putih, situbondo kuning, gross colman atau bali. Di lokasi yang iklimnya agak basah, dari dataran rendah hingga dataran tinggi (0-700m dpl), yang cocok anggur amerika, dengan varietas Isabella, Brilliant, Beacon, atau Delaware. Selain bisa berbuah di daerah agak basah, anggur tersebut tahan terhadap penyakit downy mildew.

Proses berikutnya adalah mempersiapkan sarana pertanaman. Pot yang dibutuhkan bisa terbuat dari semen, tanah liat, potongan drum, kaleng, atau plastik. Pot ideal untuk anggur berukuran panjang 60 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 75 cm. Pot itu sebaiknya mudah diangkat, tidak gampang retak atau pecah. Kalu menngunakan drum, pinggiran mulut pot perlu dipasang pegangan dari besi agar mudah diangkat kalu dipindahkan. Bagian bawah pot diberi lubang drainase agar air siraman tidak menggenang.

Read more ...

Membuat Pupuk Dan Hormon Organik

Pemupukan cukup dan teratur mutalk bagi tanaman buah dalam pot. ini mengingat terbatasnya lingkungan tumbuh tanaman. Pada prinsipnya pemupukan dimaksudkan untuk menyuplai unsur hara yang dibutuhkan tanaman, Aplikasi sejumlah pupuk sangat tergantung pada kondisi tanaman dan kesuburan media tanamnya. Pemupukan dapat dilakukan melalui akar lewat tanah, maupun daun dalam bentuk larutan yang disemprotkan. Perlakuan itu dapat mendorong tanaman tumbuh pesat.

Pupuk merupakan bahan baku yang mengandung unsur hara. Tujuannya adalah menyediakan energi pada tanaman agar tumbuh sehat, sempurna, cepat berproduksi.Pupuk organik diberikan setiap 6 bulan sekali sebanyak 2 kg per pot sampai tabulampot berumur 2tahun. Kemudian pemberiannya dapat berlangsung hanya setahun sekali. Ciri pupuk organik bagus adalah remah, lembut, dingin, tidak bau, kalu diremas terasa seperti busa. Kandungan hara pupuk organik relatif rendah, tetapi sangat diperlukan untuk mempertahankan struktur tanah agar tetap remah dan menjaga sifat fisik tetap baik.

Selain di beli di toko, pupuk dan hormon perangsang tanaman dapat dibuat sendiri. Sejumlah pecinta lingkungan hidup dan pertanian organik di Purwakarta membuktikan itu, dan sangat efektif diaplikasikan pada tanaman tabulampot. Berikut ini resep pembuatannya menurut versi mereka.

Read more ...