Jeruk salah satu favorit tabulampot, itu karena pertumbuhannya mudah diatur setelah ditabulampotkan. Jeruk mudah "dipaksa" berbuah meski di luar musim. Selain gampang, sifat jeruk juga rajin berbuah. Jeruk pot membutuhkan kondisi lingkungan yang sesuai agar bisa berbuah maksimal. Sebab hasil akhir yang diharapkan dari tabulampot jeruk bukan hanya buahnya, melainkan nilai keindahan yang terpancar dari kondisi tanaman itu sendiri. 

Jeruk menyukai tanah subur, lembab, ketersediaan hara yang cukup dan pengairan lancar. Jeruk cukup toleran terhadap media tanam agak masam, pH 5,0-6,0. Tabulampot jeruk perlu ditempatkan di lokasi yang sesuai. Faktor agroklimat seperti ketinggian tempat, kelembaban, sinar matahari, suhu, tampaknya sulit diubah. Jika kondisi itu tidak terpenuhi, jeruk sulit menghasilkan buah secara normal dalam jumlah maksimal. 

Jeruk keprok akan berbuah maksmal kalau tumbuh di dataran menengah sampai tinggi (ketinggian di atas 700 m dpl). Sebaliknya jeruk siam, lemon, kip, dan nipis, lebih cocok did aerah kurang dari 700 m dpl. Ketinggian tempat tumbuh berpengaruh besar bagi jeruk, karena kebutuhannya akan intensitas sinar matahari dan suhu lingkungan.

 

Media Tanam

Jeruk menghendaki media tanam porous dan subur. Media tanam bertekstur remah, gembur, dan kokoh menegakkan tanaman. Media cukup mengandung unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Juga mudah mengikat dan melepas air. Komponen media tanam yang banyak dipakai antara lain tanah kebun, pasir, pupuk kandang, sekam, serbuk gergaji, arang, batu kerikil, humus, kompos, dan zeolite. Diantara jenis komponen itu, tanah kebun berperanan penting sebagai campuran media.

Campuran media tanam berbeda-beda menurut selera. Formulasi yang paling banyak diterapkan adalah campuran tanahm pasir, dan pupuk kandang. Media tanam ini cukup berat, tapi gembur dan tahan lama. Komposisinya bisa 5:2:1 atau 2:1:1. Media tanam ini bisa ditambah insektisida untuk mematikan hama tanah. Sementara kapur pertanian untuk menetralkan media tanam yang terlalu masam. Kemasaman tanah yang dibutuhkan jeruk ber-pH 5,0-7,5.