Foto by Denny Hidroponik

Lampu LED untuk hidroponik adalah salah satu alternatif untuk pemula yang baru saja bertanam hidroponik dalam ruang. Saat hendak mulai berkebun hidroponik, salah satu alat yang dibutuhkan adalah memilih lampu tipe tumbuh untuk hidroponik dalam ruang. Lampu LED untuk hidroponik menjadi salah satu pilihan paling mudah dan ekonomis, walaupun anda dapat memilih lampu tumbuh LED, HID, Metal Halide, neon, lampu natrium, dan banyak lagi.

Banyak orang yang telah berkebun di dalam ruangan selama bertahun-tahun menggunakan lampu intensitas tinggi (HID: high-intensity light) dan tidak memiliki keinginan untuk beralih ke LED. Tapi bagi pemula, lampu tumbuh LED akan menjadi salah satu pilihan paling mudah dan ekonomis.

Lampu LED ideal digunakan untuk tanaman yang baru tumbuh. Lampu yang memiliki spektrum warna biru merupakan pilihan sempurna untuk digunakan pada tanaman yang masih dalam fase pertumbuhan. Spektrum warna yang berbeda dapat dipilih tergantung dari fase tumbuh, jenis tanaman, danĀ  berbagai faktor lainnya. Tidak semua jenis lampu memiliki spektrum warna berbeda seperti yang dimiliki lampu LED. Lampu LED menyediakan fleksibilitas pilihan spektrum yang amat cocok bagi pemula.

LED tidak menyebabkan suhu ruangan menjadi terlalu panas. Hal ini tentu bagus bagi kesehatan tanaman. Kelebihan ini tidak dimiliki oleh lampu HID, misalnya. Lampu HID dapat membuat keringĀ  udara dan tanah di sekitar tanaman karena panas yang mereka hasilkan. Akibat hal ini, diperlukan kerja tambahan untuk menjaga udara tetap lembab dan tidak terlalu kering.

Lampu tumbuh LED juga menghabiskan biaya lebih rendah dibanding jenis lampu lainnya. Ini disebabkan LED memerlukan energi lebih sedikit dibanding lampu pijar atau neon. Karena menggunakan energi yang lebih sedikit, lampu LED juga berumur lebih lama sehingga mengurangi biaya penggantian. Hal penting sebelum menggunakan lampu LED adalah memastikan spektrum cahaya yang dibutuhkan sesuai fase dan jenis tumbuhan. Salah memilih jenis spektrum bisa menyebabkan tanaman tumbuh tidak sehat bahkan mati.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat

Bertanam Hidroponik itu menyenangkan !

sumber : amazine.co