Cara menjaga pH hidroponik sangat mudah hanya diperlukan ketelitian untuk melakukannya. Mempertahankan kadar pH pada sistem hidroponik akan mencegah reaksi kimia negatif pada larutan nutrisi hidroponik.

Cara menjaga tingkat pH pada hidroponik sangat penting karena jika tingkat pH terlalu tinggi akan menyebabkan penyumbatan pada saluran sistem hidroponik sehingga  mengakibatkan masalah serius.

pH adalah singkatan dari “potential hydrogen” yang berarti merupakan jumlah konsentrasi ion hidrogen yang bermuatan positif relatif terhadap ion hidroksil bermuatan negatif dalam suatu zat.

Ion hidrogen bersifat asam sedangkan ion hidroksil bersifat basa.  Mengetahui hal ini penting demi kesuksesan kebun hidroponik Anda.

Skala pH berkisar dari 0 hingga 14. pH 7 merupakan pH netral.  Angka di bawah 7 menunjukkan senyawa asam dan di atas 7 menunjukkan senyawa basa.

Lingkungan hidroponik harus memiliki keasaman netral atau tingkat pH 7.

Saat tanaman menyerap ion nitrat yang bermuatan negatif, akar akan melepaskan ion hidroksil bermuatan negatif untuk membentuk keseimbangan listrik. Ujungnya, ini akan meningkatkan level keasaman.

Ketika mempertimbangkan metode koreksi pH macam apa yang hendak diambil, penting pula untuk mengetahui kemampuan tanaman dalam menahan perubahan pH.

Ada tanaman yang tahan terhadap perubahan pH, namun ada pula yang lebih sentitif terhadap perubahan ini.

Pemberian pupuk juga perlu diperhatikan. Ada pupuk yang bersifat asam ada pula yang cenderung basa. Tanaman cenderung lebih tahan terhadap basa dibanding dengan asam.

Ada banyak cara untuk menguji tingkat pH dalam sistem hidroponik Anda. Salah satu cara termudah dan paling terjangkau adalah dengan menggunakan “strip pH”.

Strip perlu dibasahi dengan air dari sistem hidroponik untuk mengukur tingkat keasamannya. Strip lantas akan menginformasikan tingkat pH dengan menunjukkan angka antara 0-14.

Jangan meremehkan pentingnya menjaga keseimbangan pH dalam sistem hidroponik Anda. Hal ini penting untuk menjaga   laju pertumbuhan dan kesehatan tanaman.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat