Selama ini, bagi pecinta hidroponik atau petani hidroponik pasti telah mengetahui akan nutrisi hidroponik yang bernama AB  Mix untuk menunjang keberlangsungan pertumbuhan tanaman hidroponik. Nutrisi hidroponik AB Mix merupakan pupuk siap pakai khusus hidroponik yang mengandung semua unsur hara baik makro dan mikro yang sangat diperlukan oleh tanaman hidroponik. Hanya saja kendala yang sering dialami oleh petani hidroponik adalah ketersedian nutrisi AB Mix  tidak selalu ada di daerah tempat petani tersebut. Untuk itu solusi yang paling tepat untuk masalah ini adalah membuat sendiri nutrisi hidroponik tersebut.
 
Alternatif ber hidroponik tanpa menggunakan AB Mix

Menurut pengalaman beberapa teman, ada alternatif menggunakan pupuk selain AB MIX yang dapat  digunakan untuk menanam hidroponik.   AB Mix merupakan salah satu konsep pupuk dimana kalsium tidak boleh bercampur dengan pospat dan sulfat dalam keadaan pekat. Di luar negeri,  ada yang  menggunakan hanya satu jenis pupuk saja dimana pupuk hidroponik dapat larut dalam air. Jadi meskipun bukan Nutrtisi Hidroponik AB Mix, selama pupuk masih dapat larut dalam air berarti bisa digunakan untuk berhidroponik.

NPK Mutiara 16-16-16  Alternatif AB Mix untuk Para Penghobi

Bagi anda yang menanam sayuran dengan sistem hidroponik, khususnya untuk sekadar belajar berhidroponik atau penghobi hidroponik, ada baiknya anda dapat mencoba pupuk NPK Mutiara. Pupuk ini dapat menggunakan NPK Mutiara 16-16-16. Biasanya berbentuk butiran berwarna biru dan mudah larut dalam air. Pupuk ini sudah mengandung nitrogen 16%, pospat 16%, kalium 16%, magnesium 0,5%, dan kalsium 6%.

Walaupun tidak lengkap, sebenarnya magnesium, kalsium, dan beberapa unsur hara mikro sudah terkandung sebagian dalam air baku. Tetapi kalau untuk tanaman berumur pendek dan bukan untuk skala bisnis,  rasanya pupuk NPK saja sudah cukup. Selain itu pupuk NPK Mutiara lebih mudah diperoleh dan lebih mudah penggunaannya. Dosisnya setengah sendok teh untuk satu liter air. Untuk aplikasi, Anda tinggal menyesuaikan saja dengan ukuran tandon atau wadah Anda. Misal Anda menggunakan wadah wick 10 liter, maka 5 sendok teh NPK Mutiara sudah cukup.

Tentu sebenarnya hasilnya masih lebih baik menggunakan nutrisi AB Mix ketimbang NPK Mutiara. Tetapi ini adalah solusi alternatif jika nutrisi AB Mix tidak tersedia di daerah anda dan cuma untuk sekedar hobi.

Jika anda ingin sayuran yang anda tanam lebih bagus, anda bisa menyemprotkan pupuk Gandasil D dengan dosis 10 gram/10 liter air tiap 10 hari sekali pada saat pagi atau sore. Pemberian gandasil D agar mengoptimalkan unsur hara mikro yang kurang di sayuran.

Selamat mencoba semoga berhasil dan salam hijau!