Foto by Denny Hidroponik

Pakcoy atau yang disebut juga Sawi Baby sudah banyak digemari di Indonesia saat ini. Karena memang rasanya yang enak, pakcoy ternyata memiliki banyak khasiat. Tidak hanya sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, pakcoy juga baik untuk menurunkan kolesterol dan sangat baik untuk pencernaan, kesehatan mata, membantu proses pembekuan darah, baik untuk pembentukan kolagen, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah penuaan dini. Banyak yang menjual pakcoy di pasar tradisional hingga Supermarket. Sama dengan tanaman lain, pakcoy juga bisa ditanam dengan sistem hidroponik dengan teknik wick. Dengan membudidayakan pakcoy secara hidroponik maka anda bisa gunakan sebagai usaha sampingan atau untuk anda konsumsi sendiri di rumah. Dengan begitu anda tidak perlu lagi keluar uang untuk membelinya. Lalu, bagaimana cara budidaya pakcoy hidroponik?

Untuk menanam pakcoy hidroponik anda bisa menggunakan media yang paling sederhana seperti botol bekas. menggunakan teknik wick, teknik wick itu yang seperti apa sih? teknik wick adalah cara menanam tanaman termasuk sayuran pakcoy dengan menggunakan sumbu untuk mengalirkan nutrisi ke akar tanaman yang kita tanam. Untuk cara membuatkan kemarin sudah pernah ditulis di blog ini. Setelah anda memilih teknik hidroponik dan peralatan hidroponik anda bisa segera memulai menanam sayuran pakcoy.

Nah dibawah ini akan saya uraikan cara menanam pakcoy secara hidroponik, ada 4 tahapan

Persiapan alat hidroponik

Sebelum anda menanam pakcoy secara hidroponik yang perlu dipersiapkan pertama kali adalah set hidroponik, seperti media tanam seperti rockwool, net pot, nutrisi hidroponik, benih pakcoy, kain flanel, steroform, ember dan lain-lain tergantung teknik dan juga set hidroponik yang ingin anda gunakan.

Persemaian

Kemudian siapkan benih pakcoy, basahi media tanam dalam hal ini anda bisa menggunakan rockwool. taruh biji pakcoy 1-2 benih ditiap 1 persemaian. tutup rapat dan taruh pada tempat gelap supaya kelembapan terjaga sampai benih mulai mengeluarkan tunas, jika sudah bertunas, buka penutup dan pindahkan pada tempat yang terkena sinar matahari supaya pertumbuhan tidak hanya meninggi saja. tunas muncul bisa hari 2-4 setelah taruh benih di rockwool.

Menanam

Jika daun sudah keluar 3-4 helai anda bisa memindah persemaian ke media tanam yang telah anda siapkan. Larutkan nutrisi hidroponik supaya pertumbuhan optimal. Namun persemaian nya anda bisa langsung ke media tanam rockwool yang langsung nanti untuk media pertumbuhan sampai panen.

Perawatan

Selalu cek kondisi tanaman pakcoy yang anda tanam, kondisi nutrisi jangan sampai kehabisan.

Panen

Pakcoy biasa panen mulai umur 45 hari.

tahapan diatas wajib dilalui untuk hasil yang optimal.

sumber : budidayahebat.blogspot.com/