Jika sering memperhatikan tanaman di kebun atau pekarangan rumah, kadang melihat daun-daun yang tiba-tiba melintir atau banyak timbul putih-putih di daunnya. Jika kita amati pada bagian bawah daun yang melintir tersebut terdapat kutu kecil berwarna hitam  yang dinamakan Trips atau yang berwarna hijau keputihan yang dinamakan Aphid. Kedua kutu tersebut hidup bergerombol pada daun  dan biasanya populasinya semakin banyak dan menjadikan daun cabe sebagai tempat hidupnya. Kedua kutu tersebut tidak hanya mengambil cairan nutrisi yang ada pada daun  tetapi juga penyebar penyakit tanaman cabe, baik penyakit yang disebabkan oleh jamur maupun penyakit bakteri.. Jika seperti ini tentunya dapat berakibat buruk jika tidak ditangani secara serius. Apabila kutu daun tersebut diatasi dengan pestisida dan bila Anda tidak hati-hati bisa berdampak buruk untuk Anda, anak-anak, dan binatang kesayangan Anda.

 

Untuk itu Anda dapat menggunakan beberapa  tips di bawah ini untuk mengusir kutu daun dari tanaman kesayangan Anda.

  • Mengambil kutu daun dari tanaman atau menyeka mereka menggunakan kain.

  • Potong bagian tanaman yang telah rusak, dan memusnahkan seluruh koloni kutu daun.

  • Siram tanaman dengan air dingin, pastikan Anda menjangkau bagian bawah dari daun. Fokus ke tanaman yang lebih muda, yang biasa dipilih oleh kutu daun. Lakukan setiap beberapa hari sekali.

  • Semprot tanaman yang terinfeksi dengan hand sprayer(sebuah botol yang berisi cairan dan digunakan untuk menyemprot) pada pagi hari ketika matahari tidak terlalu panas, dan ketika hari tidak akan hujan.
    Gunakan larutan yang terbuat dari:
    8 cangkir air hangat
    1/2 cangkir minyak sayur
    6-8 tetes sabun cuci piring (Jangan terlalu banyak menggunakan sabun, karena dapat membuat daun menjadi rusak(terbakar).)
    Sejumput bubuk cabai cayenne.
    Kocok dengan baik dan gunakan larutan ini seminggu sekali untuk tanaman yang terinfeksi.

  • Atau gunakan semprotan organik alternatif. Satu contoh dengan menggunakan 1/4 cangkir dari jahe yang telah dicincang dengan 1 cangkir air hangat. Rendam selama 2 jam, kocok dengan baik dan semprotkan ke seluruh bagian tanaman.

  • Mendorong kepik, lacewings dan tawon parasit untuk datang, karena mereka akan memakan kutu daun. Mereka akan datang secara alami saat populasi kutu daun sedang sangat banyak dan mereka akan membantu mengontrol populasi dari kutu daun, tetapi mereka tidak akan mengeliminasi seluruh populasi kutu daun.[1] Sebagai alternatif Anda dapat membeli pengontrol alami secara online(daring) untuk membantu predator alami dalam menghadapi kutu daun. Sebagai catatan penting untuk tidak menggunakan spektrum insektisida dalam jumlah banyak untuk kutu daun karena spektrum insektisida akan membunuh serangga bermanfaat di taman Anda (termasuk serangga penyerbuk).

  • Menambahkan tanaman di taman Anda untuk menarik kepik. Tanaman ini yaitu alyssum , nasturtiums¸wortel, marigold, dill(adas sowa), ketumbar, mustard(sesawi), dan kucai.

  • Menanam jahe, karena jahe mempunyai bau yang tajam dan tidak disukai oleh kutu daun, dan cara ini sangat bermanfaat untuk mencegah kutu daun datang.

Sumber : id.wikihow.com