Saat ini buah naga  menjadi buah yang digemari banyak orang. Rasanya yang lezat ditambah bentuknya yang cantik membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakannya. Tetapi kendala utama bagi mereka yang ingin membudidayakan adalah mencari bibitnya. Willem VC, seorang praktisi pertanian, memberikan tips bagaimana Cara membuat bibit buah naga dari biji yang sangat sederhana. Berikut tipsnya untuk Anda.

1. Siapkan satu buah naga. Anda bisa membelinya di toko buah atau pasar.      Belah buah naga yang telah disiapkan.

2. Gunakan sendok untuk mengambil bagian dalam buah.

3. Hancurkan kemudian ratakan diatas piring agar mudah kering.

4. Proses pengeringan di piring. Jangan menggunakan kertas, karena akan lengket.

5. Setelah kering, biji mudah untuk dikumpulkan karena bagian putih buahnya melekat pada piring.

6. Siapkan kotak kue/kardus. Berikan alas kertas koran atau kapas, kemudian basahi. Sebar biji buah naga pada alas tersebut. Tunggu hingga mulai proses germinasi.  

7. Pada saat biji mulai tumbuh, maka Anda akan menemukan seperti tumbuhan kecambah yang baru tumbuh.

8. Pada proses selanjutnya akan terjadi elongasi hipokotil, kotiledon masih tertutup.

9. Selanjutnya Anda dapat menyiapkan media tanam dengan campuran tanah lembut dan kompos dengan perbandingan 1:1. Sebar biji yang mulai tumbuh secara merata. Tutup dengan tanah halus.

10. Setelah ditanam pada kotak plastik, dua lembar daun mulai tumbuh dan mulai tampak duri kecil. Bibit perlu disiram dengan tepat. Yang perlu diperhatikan dalam proses penyiraman adalah apabila terlalu banyak akan menyebabkan kebusukan, namun apabila terlalu sedikit menyebabkan biji gagal berkecambah atau mati.

11. Selanjutnya akan mulai tumbuh dan nampak duri-duri kecilnya. Perhatikan pula akar kecil yang berwarna putih. Kaktus muda mulai tumbuh dengan cepat.

12. Ketika proses pembibitan berhasil, maka Anda akan mendapati sekotak penuh bibit buah naga yang siap untuk ditanam. Tunggu hingga ukuran bibit agak besar. Mudah bukan?

Perbanyakan tanaman menggunakan biji termasuk dalam perbanyakan tanaman secara generatif. Jikalau disekitar anda telah ada tanaman buah naga, maka anda juga dapat memperbanyak tanaman dengan menggunakan stek.


Sumber : http://www.gagaspertanian.com/
Credit image : http://www.gagaspertanian.com/