Eksterior

Membuat Fasad Hemat Namun Tetap Cantik

Tampak depan sebuah rumah memiliki peranan penting, karena keindahan sebuah rumah paling mudah dilihat dari tampik mukanya. Memiliki fasad indah tidak berarti harus mahal, melalui permainan bidang, cat, dan pemakaian material tertentu, fasad akan tampil unik, indah, sekaligus hemat.

Read more ...

Bentuk Atap Yang Tepat Untuk Rumah DI Daerah Tropis

Selain berfungsi sebagai penutup atau pelindung rumah dari terik matahari dan hujan, atap juga menjadi bagian yang membantu memperindah rumah secara keseluruhan.

Atap terdiri dari Kuda-kuda (struktur utama), gording-kaso-reng (struktur pembantu) dan bahan penutup atap (enteng, seng, asbes dan lain-lain).

Beberapa jenis atap berdasarkan bentuknya:
1. Atap datar. Bentuk atap yang paling sederhana, alirana air dibuat miring sedikit ke satu arah. Materialnya terbuat dari cor beton.
2. Atap miring. Kemiringan atap biasanya 15-35 derajat, sehingga air hujan dibuang ke satu arah.
3. Atap menara. Bentuk mirip kerucut, bentuk ini tercipta bila tinggi atap lebih besar dibanding dengan panjangdan lebar dari daerah yang akan ditutup oleh atap tersebut.
4. Atap piramida. Tinggi atap hampir sama dengan ukuran panjang dan lebar daerah yang akan ditutup oleh atap.
5. Atap perisai. bentuk mirip perisai dengan dua bidang miring berbentuk trapesium dan dua bidang miring berbentuk segitiga.
6. Atap pelana. Bidang atap terbentuk dari dua buh segiempat dengan sudut kemiringan yang sama di kedua sisi.

Read more ...

Memilih Furniture Untuk Teras

Sering kita dapati, furnitur yang sudah berumur tua kelihatan tetap kokoh dan kondisinya baik. Seolah-olah hal itu memperlihatkan ketelatenan dan keapikan pemilik rumah. Apalagi jika itu diletakkan di teras. Furnitur ibarat "hidung" bagi teras.

Pertimbangan berikut ini barangkali berguna agar Anda tak salah memilih furnitur.

Jika furnitur diletakkan di area yang mungkin terkena air hujan atau matahari langsung, material dari bahan wrought iron dapat menjadi pilihan. Kita dapat memilih struktur yang kuat dengan desain ramping, ini menyesuaikan dengan luas lahan yang terbatas. Pilihan lain adalah yang berbahan plastik keras dengan konstruksi yang kuat.

Read more ...