Tampak depan sebuah rumah memiliki peranan penting, karena keindahan sebuah rumah paling mudah dilihat dari tampik mukanya. Memiliki fasad indah tidak berarti harus mahal, melalui permainan bidang, cat, dan pemakaian material tertentu, fasad akan tampil unik, indah, sekaligus hemat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan tampak muka diantara adalah:

Gunakan material yang menjadi pusat perhatian dari rumah tersebut, bisa dari kayu, atau batu. Menggunakan material batu di sebagian kecil depan rumah tidak begitu menghabiskan banyak biaya dan mudah perawatannya.

Untuk menghindari kesan monoton dan mengurangi volume luas bangunan, gunakan permainan bidang atau massa, seperti kamar tidur utama posisinya  lebih maju ke depan dibanding ruang tamu.

Gunakan kombinasi warna untuk tiap segmen atau bidang. Kombinasi warna yang tepat untuk bagian depan rumah, menghasilkan rumah yang nyaman dan enak untuk dilihat.

Pada kombinasi warna usahakan ada warna yang kuat dan lemah, warna bisa diambil dari turunannya (monochromatic) atau sengaja berlawanan agar terlihat lebih menonjol.

credit image: www.inforumahminimalis.com