Garasi memiliki banyak fungsi. Bukan hanya sebagai empat menyimpan mobil. Sampai urusan memandikan mobil bisa dilakukan di garasi/carport. Jadi anda tidak perlu repot-repot harus pergi ke tempat pencucian mobil, jika anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Sebagai tempat untuk membersihkan mobil, lantai carport harus dibuat agak miring. Hal ini dilakukan untuk mempermudah gerak air dan kotoran yang terlepas dari badan mobil yang sedang dimandikan, dan agar tidak tergenang di carport atau garasi. Kemiringan yang Lazim diterapkan pada sebuah carport adalah sebesar 1-2,5%. artinya, setiap panjang lantai carport 1 meter harus memiliki perbedaan ketinggian permukaan sebesarĀ  1 - 2,5% atau 1 - 2,5 cm.

Satu hal lain yang juga sangat penting pada sebuah carport dengan fungsinya untuk memandikan mobil adalah adanya tali air lantai carport. Tali air lantai carport lazimnya memiliki ukuran lebar 1 cm dan dalam 1 cm. Posisi tali air umumnya dibuat dengan arah horisontal dan vertikal serta juga dapat mengikuti pola atau bentuk lantai carport. Garis yang sejajar dengan pintu atau pagar disebut dengan garis horisontal, sedangkan garis tegak lurusnya atau mengarah ke pintu disebut dengan garis vertikal. Pada lantai carport yang memiliki kemiringan lantai (slove) yang baik, keberadaan tali air dapat berfungsi menjadi saluran air kecil. Bila diamati dengan seksama terhadap pola - pola lantai carport, tampak bahwa tali air tidaklah sama dengan garis nat material. Ini disebabkan garis nat akan mengikuti pola ukuran setiap material, sedangkan tali air akan berdiri sendiri dengan pola yang sesuai ukuran carport. Pola tali air yang baik adalah berukuran 40 cm x 60 cm, 60 cm x 80 cm, dan 60 cm x 120 cm.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan pada carport adalah perlu dibuatkan lubang drainase. Lubang drainase merupakan lubang yang dibuat di salah satu sisi carport, Peruntukan lubang ini sebagai tempat mengalirkan air dari carport. Ukuran lubang drainase tidak mutlak, tetapi diupayakan aliran airnya bisa lancar, baik air hujan maupun air cucian mobil maka sebaiknya lubang drainase berada tepat pada perhentian akhir antara carport dan pintu.

Sumber : Membuat carport Unik