Kolam

Tips Memelihara Ikan Dalam Ikan Hias

Memelihara ikan dalam kolam ikan hias, tujuan utamanya adalah bukan untuk dikonsumsi, tetapi dinikmati keindahannya. Karenanya pemeliharaan ikan dalam kolam ikan hias tidak mengupayakan ikan tumbuh dengan cepat atau mencapai bobot tertentu. Pemeliharaan bertujuan untuk menjaga kondisi ikan agar tetap sehat dan mempunyai warna yang indah dan cemerlang. Untuk menjaga agar kondisi ikan sesuai dengan tujuan pemeliharaan, maka kota perlu untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan pemeliharaan ikan.

Padat penebaran

Ikan membutuhkan ruang untuk bergerak dan tumbuh dengan baik. Maka untuk memenuhi kebutuhan tersebut perlu diketahui padat penebaran yang sesuai. Kepadatan ikan yang tinggi dapat menimbulkan penyakit akibat gesekan antar ikan. Untuk itu kita perlu mengatur jumlah padat penebaran sesuai dengn luas kolam. Beberapa pertimbangan dalam mengatur padat penebaran ikan adalah ukuran ikan dan luas kolam. Apabila ukuran ikan 1 cm membutuhkan 25cm2.

Sebaiknya memberikan pakan buatan yang masih baru. Apabila menggunakan pakan yang telah dibuka, usahakan umur tidak lebih dari 2 bulan.
Jangan memberikan pakan yang nampak berjamur.

Read more ...

Mengenal Penyakit Pada Ikan Di Kolam Hias

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang tips memilih ikan yang tepat untuk kolam hias, maka sekarang kita akan mencoba mengenal penyakit pada ikan.

Penyebab penyakit pada ikan dibagi menjadi dua yaitu karena infeksi da penyakit karena non infeksi.

Penyakit Infeksi

Penyakit infeksi disebabkan oleh serangan organisme hidup sebagai agen penyakit. Organisme tersebut dapat bersifat parasit dan bakteri.

Parasit
Jenis parasit menyebabkan penyakit pada ikan adalah jenis Learnea (cacing pencengkram), Argulus (kutu ikan), protozoa dan cacing monogenea. Parasit menyerang bagian luar (eksternal) dan bagian dalam (internal) ikan. Penyakit eksternal pada ikan diantaranya adalah whitespot, luka-luka di badan dan mulut, mata bengkak, mata luka.

Penyakit internal oleh parasit ditandai oleh perut kembung, kotoran berwarna putih dan cacingan. Kebanyakan ikan membawa parasit, tetapi perkembangannya pada tingkat yang tidak membahayakan bukan masalah. Ikan mudah terserang penyakit yang disebabkan parasit. Keadaan stres atau variasi iklim musiman dapat menyebabkan infeksi.

Read more ...

Tips Memilih Ikan Yang Cocok Untuk Untuk Kolam Anda

ikan menjadi faktor penting dalam ekosistem kolam. Bagaimana cara memilih ikan yang cocok dan kapan waktu yang tepat untuk memasukkannya ke dalam kolam? Temukan jawabannya berikut ini.

Setelah mengisi kolam taman dengan tanaman air, selanjutnya kita dapat mengisi dengan ikan dan organisme air lainnya. Agar kehidupan ikan terjamin, kita harus memperhatikan berbagai hal. Selain faktor ukuran yang harus disesuaikan dengan besarnya kolam, memasukkan ikan ke dalam kolam harus memperhatikan waktu yang tepat dan kecermatan menilai kesehatan ikan.

Tiga cara memilih ikan

Ikan untuk mengisi kolam umumnya adalah jenis ikan air tawar. Ikan ini terdiri dari ikan air tawar untuk dikonsumsi dan ikan air tawar untuk dinikmati keindahannya atau ikan hias. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

Bentuk tubuh
Pilih ikan yang memiliki bentuk tubuh unik dan ukuran sirip proporsional sehingga gerakannya tenang dan seimbang. Untuk ikan jenis Koi tubuhnya lurus tidak melengkung. Tutup insang, menutup dengan baik, tidak menganga. Perut tidak membengkak abnormal akibat gembung (blooting).

Warna dan corak
Pilihlah warna ikan yang cemerlang dan kontras. Demikian pula cprak warnanya memiliki batas yang jelas. Warna yang cemerlang membuat kesan indah dan bersih.

Kesehatan
Sebaiknya kita menghindari ikan yang tampak lesu, gerakannya lamban, dan tidak seimbang atau banyak berdiam diri di dasar kolam. Kondisi mata tidak berselaput atau berdarah. Kulit tidak berdarah, berjamur, atau terdapat bintik-bintik putih di sebagian atau di seluruh tubuh.

Read more ...