Mungkin banyak yang ingin sekali di lingkungan rumahnya ada kolam hias. Walaupun tidak besar, cukup dapat menjadi hiburan jika badan lagi lelah atau lagi suntuk. Tetapi Anda bingung sebenarnya membuat kolam itu apa saja yang harus dipersiapkan. Jika sebelumnya kita pernah membahas mengenai elemen penting yang diperlukan kolam hias. Kini kita akan membahas mengenai peralatan apa saja yang diperlukan dalam membuat kolam dan bagaimana memasangnya?

 

Pipa

Pipa diperlukan dalam pembuatan kolam untuk menciptakan saluran pembuangan, membuat air mancur atau air terjun, juga menyalurkan air dari kolam ke filter melalui pompa celup dan sebaliknya dari filter ke kolam. Jenis pipa yang biasa digunakan pada kolam taman adalah pipa paralon (PVC). Kelebihan menggunakan pipa ini adalah haganya lebih murah, mudah didapat, tersedia pada berbagai ukuran, mudah disambung, dan cukup kuat. Lem yang digunakan untuk menyambung pipa adalah lem PVC yang berwarna bening. Lem ini akan mengeras apabila terkena air. Bersihkan pipa sebelum melakukan pengeleman pada sambungan agar melekat kuat.

Memasang instalasi pipa dapat dilakukan pada saat proses pembuatan konstruksi atau sesudahnya. Pipa untuk pembuangan air dan air mancur atau air terjun dipasang di saat pembangunan konstruksi kolam. Hal itu dilakukan jika kolam menggunakan filter permanen. Namun, jika menggunakan filter semipermanen, instalasi pemipaan dapat dilakukan setelah pembuatan konstruksi kolam.