Memelihara ikan dalam kolam ikan hias, tujuan utamanya adalah bukan untuk dikonsumsi, tetapi dinikmati keindahannya. Karenanya pemeliharaan ikan dalam kolam ikan hias tidak mengupayakan ikan tumbuh dengan cepat atau mencapai bobot tertentu. Pemeliharaan bertujuan untuk menjaga kondisi ikan agar tetap sehat dan mempunyai warna yang indah dan cemerlang. Untuk menjaga agar kondisi ikan sesuai dengan tujuan pemeliharaan, maka kota perlu untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan pemeliharaan ikan.

Padat penebaran

Ikan membutuhkan ruang untuk bergerak dan tumbuh dengan baik. Maka untuk memenuhi kebutuhan tersebut perlu diketahui padat penebaran yang sesuai. Kepadatan ikan yang tinggi dapat menimbulkan penyakit akibat gesekan antar ikan. Untuk itu kita perlu mengatur jumlah padat penebaran sesuai dengn luas kolam. Beberapa pertimbangan dalam mengatur padat penebaran ikan adalah ukuran ikan dan luas kolam. Apabila ukuran ikan 1 cm membutuhkan 25cm2.

Sebaiknya memberikan pakan buatan yang masih baru. Apabila menggunakan pakan yang telah dibuka, usahakan umur tidak lebih dari 2 bulan.
Jangan memberikan pakan yang nampak berjamur.

Pakan

Pakan yang diberikan sebaiknya mempunyai kandungan gizi yang cukup seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Komposisi gizi pakan yang baik adalah protein 40-60%, lemak 5-10%, karbohidrat 25-30%, vitamin dan mineral 1-2%.

Ketersediaan pakan hendaknya tidak terputus, sehingga ikan tidak mengalami stres. Stres yang berkelanjutan menjadikan ikan mudah terserang penyakit. Pakan yang diberikan dapat berupa pakan buatan. Pakan buatan merupakan campuran bahan baku yang berasal dari hewani dan nabati ditambah unsur vitamin dan mineral. Pakan buatan biasanya tersedia dalam bentuk pelet. Pelet banyak tersedia di toko-toko perikanan, baik dalam bentuk pelet mengaoung maupun tenggelam, pemberiannya harus disesuaikan dengan jenis ikan yang dipelihara. Pemberian pelet sebaiknya tidak berlebih, karena sisa pelet akan mencari air. Pakan buatan mempunyai kelebihan karena komposisinya telah diketahui. Ikan tidak akan kekurangan atau kelebihan gizi. Pakan buatan mudah dalam penyimpanan dan lebih tahan lama.

Tip memilih dan memberi pakan ikan

Perhatikan komposisi kandungan gizi pakan
Perhatikan ukuran pakan yang akan diberikan, sesuaikan dengan bukaan mulut ikan hias.