Setiap orang mendambakan rumahnya terasa alami, sejuk dan indah. Berbagai cara dilakukan untuk menghadirkan suasana tersebut. Salah satunya dengan menciptakan taman yang nyaman dan asri. Tak heran, kehadiran taman menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dari sebuah rumah. Dengan menghadirkan taman yang ditata sealami mungkin, dapat mempercantik dan memperlunak bentuk desain sebuah rumah. Beberapa sudut rumah yang terlalu kaku bisa dipermanis dngan taman yang dibuat dalam komposisi yang tepat. Pada sudut yang lain kehadiran taman lebih diarahkan sebagai penunjang estetis.

Walaupun lahan yang dimiliki terbatas, masih terdapat hal-hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan taman yang asri pada rumah Anda. Diantaranya, membuat taman yang tanamannya lebih simpel, tidak terlalu rumit dan tentunya tetap fungsional. Gaya taman yang dapat menjadi pilihan Anda salah satunya adalah taman bergaya modern tropis.

 

Taman yang bersifat fleksiel dan fungsional

Taman modern tropis sering juga disebut taman berkarakter modern yang bersifat fleksibel dan fungsional. Untuk rumah tinggal, gaya ini banyak diterapkan pada rumah-rumah bergaya modern tropis (tropical modern). gaya taman ini tidak menggunakan aneka ragam jenis tanaman,mungkin hanya satu atau dua jenis. Selain sebagai elemen dekoratif bangunan atau estetika, taman gaya modern tropis juga harus fungsional dan fleksibel, karena beberapa tanaman bisa ditempatkan dalam wadah pot yang bisa dipindah-pindah.

Kalau taman tropis cenderung lebih banyak menggunakan banyak tanaman, tapi untuk taman gaya modern tropis, jenis tanaman yang dipakai tidak terlalu banyak, tapi cukup menunjang. Jadi tidak perlu berbagai tanaman di masukkan ke dalam taman. Jika menginginkan suasana tamanyang teduh, gunakan satu atau dua tanaman sebagai peneduh, seperti pohon Dadap Merah, Pandan Bali, Kenanga, Cempaka, Alamanda, atau Palem. Bahkan, dapat cuma berupa hamparan rumput hijau sebagai floor bangunan yang berfungsi untuk  melunakkan kesan bangunan yang masif. Tanaman rumput yang bisa digunakan misalnya, rumppengembangan tropis lama. ut Gajah Mini (rumput Paitan), sambung dara, atau Bidelia. Anda juga bisa menggunakan batu koral yang berfungsi ekologis. Artinya, jika hujan area taman bisa menjadi peresapan air sekaligus menghindari tampias pada dinding. Menariknya lagi, taman gaya ini merupakan taman tradisional tropis lama.

Tanaman bergaya modern tropis tidak hanya diwakili unsur tanaman saja. Penggunaan elemen lain yang perlu diperhatikan saat menghadirkan taman gaya ini, juga dapat mencerminkan karakter sebagai taman gaya modern tropis. Elemen air contohnya kehadiran kolam yang bentuknya tidak harus formal (berupa fountain), berfungsi sebagai penguapan sekaligus penyejuk udara. Penggunaan batu alam yang simpel dengan bentuk-bentuk sederhana, dinding batu bata yang diekspos, sehingga tekstur alaminya bisa jelas terlihat, lebih utamanya, bentuknya tidak diolah dan dibuat sesederhana mungkin. Bisa juga menggunakan gerabah, gentong atau pun pot-pot tanaman.

Sementara untuk pagar pembatas taman, Anda bisa menggunakan aneka tanaman yang bisa dijadikan pagar. Misalnya menggunakan pohon bambu, hanjuang, teh-tehan, atau kemuning. Selain itu, pagar pun bisa menggunakan elemen keras yang alami, misalnya dengan pagar kayu, batu bata merah atau bambu. Tatanan taman modern tropis tidak harus terpaku pada lahan yang datar, Anda bisa saja membuat taman itu berbentuk bukit-bukitan dan ditutup dengan hamparan rumput.

Taman gaya modern tropis ini bisa dikatakan sangat minim perawatan. Untuk merawat taman ini bisa dilakukan dengan pemeliharaan harian, bulanan, dan tahunan. Perawatan harian misalnya, bisa dilakukan dengan menyapu dan menyiram, sementara untuk memupuk bisa dilakukan mingguan atau bulanan.

Sumber: Bintang Home