Meski jalan setapak berupa jalan kecil yang terdiri dari susunan batu-batu saja, penampilannya bisa lebih menarik dan dekoratif.

Jalan setapak mempunyai fungsi sebagai jalan kecil menuju pintu rumah, ataujalan menuju laman yang juga berfungsi sebagai penghias taman. Bentuk, bahan dan penataannya sangat variatif.

Agar awet dan tahan lama jalan setapak harus diletakkan ada dasar pondasi yang tepat. Semua jenis jalan setapak kecuali rumput memerlukan pondasi yang baik, kecuali untuk batu-batu alam yang besar dan dekoratif yang diletakkan di sela-sela rumput tidak harus membutuhkan pondasi.

Jenis bahan yang digunakan sangat bervariasi tergantung selera dan kesan yang ingin Anda ciptakan. Setiap jenis batu mempunyai karakter, bentuk serta warna yang berbeda. Misalnya batu bata akan memberi kesan lembut serta alami di taman.

Batu alam banyak terdapat dalam berbagai bentuk, seperti lempengan keping-keping kecil, bulat besar dan kecil, kerikil dan pasir. Jenis batu ini merupakan yang terbaik. Anda dapat menggunakan yang masih baru maupun bekas, dari yang berwarna abu-abu sampai kehitaman. Untuk Anda yang menginginkan warna hitamĀ  dapat menggunakan batu-batu bekas dan berusia cukup tua. Untuk yang menggemari warna batu keabu-abuan sebaiknya tidak meletakkan batu di daerah yang teduh/terlindung. Selain batu alam Anda juga dapat menggunakan jenis batu buatan, coran beton, tegel dan lain-lain.

Jangan lupa pondasi yang kuat sangat diperlukan untuk dasar yang lembut. Lapisan pondasi ini bisa berupa corandan pasir kira-kirasetinggi 5-7,5 cm. Untuk jenis batu kerikil halus diperlukan dasar yang lembut seperti pasir.

Anda jangan ragu-ragu untuk bermain dengan tekstur, warna dan bentuk bahan sebagai jalan setapak. Karena dengan memadu 2 atau lebih bahan yang kontras berarti Anda telah memperkaya gaya penataan. Misalnya batu bata yang dikombinasikan dengan tanaman rumput dan batu kali merupakan 3 bahan yang mempunyai bentuk dan warna yang berbeda, namun memberikan kesan alami dan menyatu. Atau coran beton yang dipadu dengan batu alam berbentuk kerikil mempunyai nilai estetis sendiri.

Agar tidak ada batas antara jalan setapak dengan rumput. Anda dapat memperlembut batas dengan menanam tanaman semak berbunga atau berdaun indah di sepanjang jalan setapak. Ini merupakan salah satu cara memberi permainan, warna dan tekstur alam.

Pengunjung juga membaca :