Salah satu syarat pencahayaan eksterior yang baik adalah sesuai dengan bentuk tapak taman itu sendiri serta dapat menonjolkan unsur taman tertentu melalui efek lighting. Model taman tropis dengan lanskep tidak rata atau berbukit, misalnya merupakan bentuk yang paling potensial untuk ditonjolkan kelebihannya dengan permainan tata cahaya.

Rahasia menciptakan tata cahaya indah di taman adalah menempatkan banyak lampu low-angle di dekat permukaan tanah. Lampu ini berfungsi menyorot permukaan tanah secara fokus sehingga dapat menghasilkan pantulan bayangan siluet pohon, daun, atau mungkin hewan kecil yang hidup di taman rumah Anda.

Sebagai point of interest utama di taman, Anda dapat menyoroti pohon palem atau pohon kelapa berukuran besar dengan lampu sorot. Meletakkan lampu dengan aksen warna tertentu juga dapat dijadikan alternatif menarik yang pantas dicoba. Jika menginginkan sesuatu yang berbeda, Anda bisa memakai lilin. Sumber penerangan ini bisa menjadi alternatif menarik untuk pencahayaan taman. Saat ini banyak wadah lilin berbentuk unik dan lucu yang dapat Anda temukan dengan mudah di pasaran.

Coba letakkan lilin dalam wadah tersebut, kemudian tempatkan di salah satu sudut taman. Perpaduan antara pendaran cahaya lilin dengan wadah yang unik pasti dapat menambah semarak tata cahaya taman Anda.

Berikut langkah-langkah praktis uantuk pencahayaan taman rumah Anda.
1. Tetapkan terlebih dulu kesan seperti apa yang ingin ditampilkan dari efek lighting taman rumah Anda tersebut.
2. Tentukan berapa banyak titik lampu yang ingin Anda pakai untuk tapak tersebut
3. Tanaman apa saja yang ingin Anda tonjolkan  dan arah sorot lampu seperti apa yang Anda inginkan
4. Tentukan jenis lampu yang akan dipakai serta besar daya listriknya
5. Letakkan lampu tersebut pada posisi yang telah direncanakan sebelumnyadan lihat hasilnya secara langsung pada tapak Anda. Jika ternyata warna lampu, bias cahaya, serta sudutnya tidak sesuai dengan imajinasi Anda, gunakan waktu yang tersisa untuk melakukan perubahan.
6. Kreasikan ide dengan kombinasi tata cahaya sesuka Anda. Anda pasti terkejut melihat hasilnya. Jangan lupa minta komentar orang lain agar Anda tahu kesan apa yang mereka tangkap saat melihat tata cahaya di taman rumah Anda.

Image credit: news.rumahrei.com