Teras Rumah

Material Lantai Untuk Teras Rumah

Material lantai teras berhubungan dengan area halaman rumah. Karena itu, model dan karakter bahan ditentukan dengan jenis lantai. Ada dua jenis lantai, yakni lantai kering dan lantai basah. Lantai kering biasanya berupa lantai yang menjorok ke arah pintu masuk, sedangkan lantai basah hanya ada pada tepi teras yang berhubungan dengan taman dan kolam. Bagian ini sebaiknya menggunakan bahan yang kedap air. Permukaannya tak mudah aus dari gerusan air.

Khusus untuk bagian dalam teras, sebaiknya menggunakan keramik bertekstur sehingga tidak licin (non sliperry). Hindari juga bentuk yang berliku ataupun banyak menggunakan undakan yang berbahaya untuk anak-anak.

Read more ...

Material Dinding Yang Pas Untuk Teras Rumah

Material dinding yang umum digunakan adalah bata yang berplester semen. Bahan finishing-nya berupa cat. Selain mudah mengaplikasikannya, cat gampang pula didapatkan.

Cat khusus eksterior cocok untuk tembok teras. Kadar cat jenis ini mampu melindungi tembok akibat perubahan cuaca, semisal lembab. Cat juga dapat mempercantik permukaan dinding lebih rapi dan indah.

Selain cat, kita juga mengenal batu alam. Pelapis dinding berupa lempengan batu yang dipotong-potong tipis. Karakter nbahan yang keras dari batu alam membuat tampilan dinding terlihat alami. Adapun jenis batu alam yang umum digunakan, antara lain batu andesit, batu candi, paras yogya, paras bali, palimanan, dan batu kali. Biasanya, batu alam dipasang pada bagian bawah dinding. Fungsi batu alam ini sebagai pembatas area jendela sekaligus hiasan untuk menyelaraskan lantai teras.

Batu bata ekspos. Batu bata dengan kualitas bakaran tinggi dapat dipasanf di salah satu sisi dinding teras. Agar lebih awet, permukaannya perlu di coating.

Yang tak boleh dilupakan, keindahan batu alam pada dinding dipengaruhi oleh teknik pemasangan. Ada yang dibuat maju mundur untuk memberi kesan tiga dimensi. Ada pula yang disusun beraturan sesuai potongan nat batu alam.

Read more ...

Pemilihan Material Teras Rumah Yang Paling Pas Untuk Atap Dan Plafon

Material seperti apa yang pas untuk teras rumah Anda? Tampilan yang indah, mudah dirawat, mudah didapat dan tak berharga mahal. Disamping itu, material semestinya sedikit berbeda dengan yang digunakan di ruang dalam. Ini mengingatkan teras cenderung terbuka, terkena sinar matahari dan tempias hujan.

Pemilihan material yang pas adalah yang mempertimbangkan segi fungsi, kenyamanan, dan keindahan. Dari sini, segala elemen teras, semisal atap, dinding dan lantai dapat dipikirkan sesuai jenis dan tema teras.

Kesesuaian jenis material dan tema bertujuan agar teras tampil harmonis. Pada akhirnya akan mendukung fungsi teras yang tak sekadar tempat singgah tapi sebagai etalase (teras depan) atau base (teras belakang dan samping) dari sebuah rumah. Berikut ini sejumlah material teras yang dapat menjadi inspirasi membangun atau memperbaiki teras rumah Anda.

Read more ...