Di mana pun posisi teras di sebuah rumah, baik di depan, samping, atau belakang, tentunya kita menghendaki suasana yang nyaman dan meneduhkan. Untuk mendapatkan hal itu, kita perlu menata segala sesuatunya. ini dapat dimulai dari yang kecil-kecil dan yang paling mudah dilakukan.

Furnishing
  • Kanopi. Jika teras Anda tidak terlalu luas, gunakan kanopi yang cantik yang dapat ditarik dan dibentang. Kanopi ini tersedia dalam berbagai ukuran, format, ataupun warna. Fungsinya akan membuat area di bawahnya lebih adem. Sementara dari segi estetika, akan membuat tampilan lebih indah.
  • Kerai. Kerai juga dapat digunakan sebagai penahan sinar matahari langsung. Berbahan bambu atau kayu, tampilannya berkesan natural. 
Ambience

Pada saat-saat tertentu kita perlu menghidupkan suasana teras sedemikian rupa, sehingga membuat kita bertambah jika berada di tempat itu. Ada beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan. Diantaranya:

  • Menempatkan elemen api. Api tidak hanya dibutuhkan untuk memasak atau membuat udara menjadi hangat. Api yang kecil juga menjadi jembatan untuk membangun suasana introspektif, dan aksen. Misalnya, digunakan ketika teras menjadi area makan-makan bersana keluarga besar. Tempatkan dalam wadah bambu menyerupai obor. Api terus menyala dengan bantuan sumbu kompor dalam kaleng berisi minyak tanah.
  • Menempatkan pencahayaan. Penerangan artifisial dengan menggunakan lampu dapat Anda lakukan dengan memilih lampu jenis soft tone. Pendarannya menciptakan suasana sejuk temaram. Jika ingin yang alami, dapat menggunakan lilin kecil (ada yang wangi, ada yang tidak). yang dapat ditempatkan dalam wadah menyerupai bejana dalam berbagai ukuran,
  • Bunga-bunga kering atau yang segar disatukan membentuk potpourri. Jangan ragu menempatkannya dalam pot besar atau kecil, dalam wadah-wadah yang tidak selalu mahal, Manfaatkan panci enamel, langseng (dandang) tembaga, dan penuhi dengan dedaunan besar-kecil. Tempatkan di tengah meja. Tera Anda akan tampil dalam suasana yang berbeda.
Bunyi-bunyian

Kehadiran musik dapat membuat teras tampil lebih semarak. Jangan biarkan teras Anda senyap. Menempatkan gitas yang digantung pada salah satu tembok akan membuat siapa yang datang mencoba memainkannya. Selain itu, bunyi-bunyian perkusif juga dapat dibuat lewat beberapa cara. Di antaranya:

  • Pasang gantungan bunyi (wind chimes). Jika Anda menyukai bunyi-bunyian menyerupai angklung, pilih wind chimes yang berbahan bambu. Sementara yang berbahan aluminium atau besi akan menghasilkan suara menyerupai gambang. Material lainnya adalah dari kumpulan keramik. Suara yang lembut dan harmonis dapat membentuk suasana terapetik, membuat yang duduk di teras lebih tenang. 
  • Musik. Kehadiran musik membuat pengalaman Anda di teras lebih menyenangkan. Pasang speaker pada sudut tertentu, yang memungkinkan Anda mendengar musik itu dengan lebih jelas.
  • Air. Anda dapat membuat pancuran di kolam depan, samping atau belakang. Bisa merupakan air mancur dari ketinggian yang lumayan, bisa pula sekadar pancuran dari patung kodok yang mungil. Bunyi air yang sekadar tumpahm memancar, atau bergolak, merupakan hiburan tambahan yang menyenangkan. 
Pendingin Udara

Pada musim kemarau, teras dapat menjadi pilihan lemewatkan hari-hari penuh peluh. Namun teras yang kurang mendapat sirkulasi udara bisa jadi menjadi tempat yang bahkan orang tidak bakal berlama di sana. Untuk itu kita dapat memasang pengatur udara berupa kipas angin di plafon atau yang berdiri. Selain itu keberadaan pohon besar juga dapat membuat tambahan udara. Anda bisa berada di bawah pohon untuk mendapatkan semilir angin.

Yang sering terlupakan

Di teras, kita mencoba serileks mungkin. Ada sejumlah hal yang kerap dilupakan orang, di antaranya:

  • Refreshment. Usahakan adanya minuman segar, apalagi jika banyak tamu. Tempatkan minuman, teko, atau gelas di tempat yang tidak selalu harus formal dan teratur.
  • Privacy.  Betapa pun kita senang bergaul dan menjamu teman atau kerabat, teras juga menjadi tempat kita menikmati waktu pribadi. Buatlah teras bersuasana teduh dengan menempatkan banyak pohon, baik tanaman berbunga mapun berdaun indah.  Struktur bangunan juga dapat dilengkapi dengan semacam pagar rendah yang berpintu
  • View. Kita harus memastikan teras adalah room with a view (sebuah area yang mempunyai pandangan). Untuk itu pilih posisi teras yang menghadap ke tama, betapapun kecil taman itu. Kita dapat membuat simulasi letak, hingga teras itu maksimal mendapatkan pandangan yang baik. Termasuk disini menempatkan focal point di titik sentral arah pandang, misalnya tanaman kebanggaan, atau kolam ikan nan sejuk. 
  • Kenyamanan> Pastikan bahwa teras merupakan "tempat retreat" yang aksesnya mudah. Mudah berjalan dari teras ke kebun dengan ganden path, mudah pula aksesnya dari pintu samping pagar dan pintu tengah ruang keluarga. Pada umumnya pintu akses ini mudah dibuka atau bahkan dibiarkan terbuka, sehingga teras seolah-olah merupakan perluasan ruang sebelumnya.