Material seperti apa yang pas untuk teras rumah Anda? Tampilan yang indah, mudah dirawat, mudah didapat dan tak berharga mahal. Disamping itu, material semestinya sedikit berbeda dengan yang digunakan di ruang dalam. Ini mengingatkan teras cenderung terbuka, terkena sinar matahari dan tempias hujan.

Pemilihan material yang pas adalah yang mempertimbangkan segi fungsi, kenyamanan, dan keindahan. Dari sini, segala elemen teras, semisal atap, dinding dan lantai dapat dipikirkan sesuai jenis dan tema teras.

Kesesuaian jenis material dan tema bertujuan agar teras tampil harmonis. Pada akhirnya akan mendukung fungsi teras yang tak sekadar tempat singgah tapi sebagai etalase (teras depan) atau base (teras belakang dan samping) dari sebuah rumah. Berikut ini sejumlah material teras yang dapat menjadi inspirasi membangun atau memperbaiki teras rumah Anda.

Material atap mengacu dari konstruksi dan bentuk atap rumah induk. Atap rumah berbentuk perisai menggunakan konstruksi perisai menggunakanĀ  konstruksi rangka kayu. Rangka-rangka kayu berupa balok dan kaso yang cukup kuat menahan beban atap. kayu yang digunakan jenis kamper, jati, merbau, ulin, dan damar laut. Selain mudah dipasang, rangka kayu memiliki sifat gaya tarik yang andal menyalurkan beban atap.

Rangka ekspos
Model ini dipilih untuk teras yang bergaya alami. Rangka yang diekspos juga untuk memperlihatkan struktur atap sekaligus memberi kesan terasa lebih lega.

Penutup atap transparan
Bahan penutup rangka menggunakanpolikarbonat. Bahan tipis ini memudahkan cahaya masuk ke dalam teras. Alhasil, teras pun tetap terang dan tak menyilaukan. Menampilkan kesan modern.

Penutup genteng tanah liat
Umum digunakan adalah jenis pelentong. Cocok untuk penutup atap pelana atau perisai . Genteng dapat menampilkan tema tradisional atau gaya kampung.

Rangka beton digunakan sebagaiĀ  atap tambahan teras. Atap trbuat dari cor semen dengan tulang besi. Tebal atap ini berkisar 10-20 cm yang ditopang oleh tiang atau kolom. Tiang dengan bentuk bulat atau kotak. Tiang berperan menyalurkan beban atap sekaligus unsur estetis.

Selain terbuat dari cor semen, atap datar ada yang terbuat dari rangka besi yang dibuat kantilever. Atap dijepit dalam tembok, sementara ujung atap lain dibiarkan bebas. Untuk menahan beban ujungnya ditarik kabel baja yang dicantelkan ke tembok atap. Model ini membuat teras terbuka dan berkesan lebar, tanpa penghalang tiang.

Kanopi
Penaung teras ini dibuat dengan rangka yang dibentuk melengkung. Bahan penutupnya menggunakan kain terpal, kain yang kenyal, padat dan tidak mudah robek. Bahan ini mampu menahan panas dan hujan.

Penutup plafon sebaiknya menggunakan gipsum yang waterproof. Karena bahan ini ringan, bisa dibentuk, didempul, diberi tambahan profil, dan bisa digambar pula. Harganya pun tidak terlalu mahal. Pilihan lain yang tradisional adalah bilik bambu.

Tips

Untuk rangka atap, gunakan kayu yang sudah dioven. Kayu oven memiliki kadar air yang rendah. Kandungan air yang tinggi akan membuat kayu cepat memuai, susut dan retak. Jika dipaksakan, setelah dipasang,kayu akan melengkung, melendut dan patah.

Sumber : Majalah IDEA