Material lantai teras berhubungan dengan area halaman rumah. Karena itu, model dan karakter bahan ditentukan dengan jenis lantai. Ada dua jenis lantai, yakni lantai kering dan lantai basah. Lantai kering biasanya berupa lantai yang menjorok ke arah pintu masuk, sedangkan lantai basah hanya ada pada tepi teras yang berhubungan dengan taman dan kolam. Bagian ini sebaiknya menggunakan bahan yang kedap air. Permukaannya tak mudah aus dari gerusan air.

Khusus untuk bagian dalam teras, sebaiknya menggunakan keramik bertekstur sehingga tidak licin (non sliperry). Hindari juga bentuk yang berliku ataupun banyak menggunakan undakan yang berbahaya untuk anak-anak.

Apa saja jenis mateial untuk teras?

Umumnya, bahan utama pelapis lantai adalah keramik. Bahan ini memiliki ukuran 30cmx30cm dan 40cmx40cm. Pemasangannya ada yang berbentuk linear ada pula yang diagonal. Nat-nat keramik membentuk bidang kotak lurus.

Selain keramik, kita dapat menggunakan tegel antik. Ukuran tegel 20cmx20cm dengan motif ornamen. Sisi teras diberi lis sebagai bingkai keramik. Sekilas model tegel ini menyerupai karpet.

Kita dapat pula menggunakan batu alam. Batu alam bertekstur kasar untuk membuat suasana lebih alami. Batu alam ada yang berbentuk koral sikat ada pula jenis tegel semisal andesit, batu candi dan batu kali.

Material kayu bisa menjadi alternatif menjadi lantai teras. Balok-balok kayu yang diatur teratur menjadi rangka penopang lantai. Malah ada sebagian balok yang menjorok ke taman atau ke kolam. Model ini disebut dengan istilah deck atau bantalan kayu mirip galangan kapal. Jenis kayu yang cocok digunakan adalah kayu ulin, damar laut, dan jati yang tahan terhadap kelembaban udara.

Papan juga digunakan sebagai bahan penutup lantai. papan disusun memanjang dan melebar untuk membentuk lantai panggung. Papan selebar 12cm memberi kesan lebih leluasa. Papan berkarakter kayu dengan warna cokelat membuat tampilan teras semakin hangat.

Tips :
Untuk mengepel lantai berbahan papan atau parket, hindari menggunakan kain yang basah. kain harus diperas hingga cukup lembab. Ini agar air tidak menggenang dan meresap ke lantai.