Interior

Bay Window, Jendela Yang Memberi Dimensi

Peran jendela pada sebuah bangunan termasuk rumah tinggal sangat banyak. Di antara fungsi-fungsi tadi, jendela juga memegang peranan tinggi dalam memberikan nilai artistik sebuah rumah. Dengan bentuk yang tepat, ukuran yang tepat, dan desain yang juga tepat, jendela bisa memperindah sebuah rumah.

Umumnya jendela terbuat dari panel kaca datar, yang diletakkan rata dengan dinding di sebelahnya. Namun bila Anda ingin memberikan dimensi pada tampilan rumah Anda dari luar, Anda bisa menggunakan bay window.

Read more ...

Solusi Untuk Masalah Pintu Rumah

Mungkin ini bukan hanya terjadi pada pintu rumah Anda saja, tetapi bisa terjadi di setiap rumah. Ada banyak permasalahan yang berkaitan dengan pintu rumah. Seperti berderit, pintunya menggesek lantai atau kusen, pintu yang retak dan renggang, atau mungkin bahkan lapuk atau berjamur. Semua permasalahan ini pasti ada solusinya. Ingin tahu apa solusinya? Berikut kami berikan tipsnya untuk Anda.

Pintu berderit

Mungkin masalah yang satu ini, tanpa kami beritahu pun pasti Anda mengetahuinya. Ya, ketika pintu Anda berderit Anda bisa meminyaki engselnya dengan oli bekas, minyak mesin, atau campuran minyak tanah dan minyak gorengdengan perbandingan yang sama. Lakukan hal ini sebulan sekali, agar pintu Anda tidak mengalami masalah seperti ini kembali.

Slot rusak akibat pintu sering terhempas angin

Agar pintu Anda terbebas dari masalah ini, maka lebih baik jika Anda menggunakan door stopper atau Anda bisa mengganjalnya dengan benda tertentu.

Pintu menggesek lantai atau kusen

Jika terjadi karena lapuknya kayu maka yang harus Anda lakukan adalah mengganti pintu dengan yang baru. Jika hal tersebut disebabkan karena engsel yang sudah aus atau copot, maka ganti engselnya dengan yang baru. Jika pintu yang menggesek tersebut karena kayunya memuai, maka bagian kayu yang mengembang diserut.

Pintu renggang dan retak

Olesi celah pintu yang renggang tersebut dengan lem epoxy dan tambal dengan  serpih kayu dengan jenis yang sama. Jika celah kecil, cukup tambal dengan dempul kayu.

Finishing pudar dan pecah-pecah

Bersihkan sisa-sisa cat atau pelitur (diamplas) dan lakukan finishing ulang. Pilih finishing yang elastis, tahan air, bisa mengeluarkan kelembaban air dari dalam kayu, dan tahan sinar matahari.

Pintu lapuk dan terserang jamur

Bersihkan bagian pintu yang lunak dan berjamur, kemudian keringkan pintu (dijemur atau dioven). Selanjutnya lakukan finishing ulang.

Menjadikan Rumah Sejuk Walau Tanpa AC, Berikut Tipsnya!

Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan AC untuk membuat rumah menjadi lebih sejuk, apalagi setelah bepergian dari luar rumah di tengah kondisi cuaca yang sangat panas.  Walau saat ini banyak beredar AC dengan watt rendah sebagai pilihan, tetapi tidak dapat menjamin biaya pemakaian listrik tidak membengkak jika penggunaannya harus sepanjang hari. Untuk itu diperlukan cara lain agar rumah yang kita tinggali dapat terasa sejuk walau tanpa keberadaan AC. Berikut tipsnya untuk Anda.

Menutup Tirai/Gorden
Situs perbaikan rumah, Family Handyman, mencatat bahwa hampir 30 persen panas yang tidak diinginkan berasal dari cahaya matahari yang menembus jendela rumah Anda. Memanfaatkan tirai atau gorden, dan usahakan tidak membuka gorden disiang hari, cara ini bisa mengurangi temperatur hingga 20 derajat.
Dengan kata lain, menutup tirai/gorden bisa mencegah rumah Anda lebih panas, terutama untuk jendela yang menghadap barat dan selatan.

Membuka Pintu Ruangan
Menutup pintu kamar/ruangan akan mencegah udara dingin memasuki area-area kamar di saat hari-hari yang terik. Jika ingin memanfaatkan udara sejuk, biarkan udara ini mengalir melalui pintu secara alami di rumah Anda.

Gunakan Kipas Angin dan Es Batu
Untuk menghemat pengeluaran bulanan dan biaya pembelian AC, sebaiknya Anda menggunakan kipas angin. Kemudian, siapkan semangkuk es atau benda lain yang serupa dinginnya dan letakkan di depan sebuah kipas besar. Dengan demikian, udara dingin yang dikeluarkan oleh es, bisa menyebar di seluruh ruangan, berkat kipas angin. Selain itu, pilih STADLER FORM Charly Little Fan yang berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Percaya atau tidak, putaran yang berlawanan dengan arah jarum jam pada kecepatan yang lebih tinggi akan menghasilkan aliran udara yang "terasa" lebih dingin.

Ganti seprai dan bantal Anda
Cara lainnya untuk menjaga lingkungan tetap segar adalah dengan mengganti seprai Anda dengan bahan yang dingin dan lembut. Tekstil seperti lembaran flanel dan selimut bulu adalah bahan terbaik untuk isolasi, sementara kapas memungkinkan kain "bernapas" lebih mudah dan menjaga permukaannya tetap dingin. Sebagai tambahan, cobalah untuk menggunakan bantal yang berisi buckwheat atau kulit ari gandum. Kulit gandum memiliki ruang udara alami, sehingga bahan terebut tidak akan menahan panas tubuh Anda seperti bantal konvensional, bahkan ketika dikemas di dalam sarung bantal. Untuk kaki, isilah botol air panas dan masukkan ke dalam freezer sebelum ditempatkan di kaki tempat tidur Anda. Memang kedengarannya aneh, tapi hal ini bisa sedikit mengurangi panas kasur Anda.

Read more ...