Rak merupakan tempat penyimpanan barang agar terlihat tertata lebih rapi. Begitupun dengan rak buku, selain merupakan tempat menyimpan buku, rak buku juga dapat difungsikan sebagai tempat display perabot lainnya, seperti gelas atau piring hiasan, pot bunga, foto, dan lainnya. Untuk saat ini rak buku memang bukan hanya sekedar tempat menampung buku atau perabot lainnya. Rak buku bisa dijadikan salah satu keindahan yang bisa kita tampilkan sebagai salah satu wujud seni desain interior rumah kita. Rak buku tidak hanya sekedar bentuk persegi dengan ruang-ruang yang akan diisi buku dan sekat-sekat diantaranya tetapi kita dapat memunculkan seni disitu.

 

Ada beberapa tips untuk Anda ketika memilih sebuah rak buku:

  • Ketika Anda berencana untuk memilih rak buku, Pertimbangkanlah material dari rak buku tersebut. Apakah Anda memerlukan rak yang terbuat dari kayu, besi atau rak yang memiliki penutup yang terbuat dari kaca.
  • Usahakan bahan rak buku yang Anda pilih cocok dengan desain interior dan perabotan dimana rak tersebut akan diletakkan. Jika perabotan pada ruangan menggunakan bahan dari kayu, maka rak buku yang terbuat dari kayu akan menjadi pilihan yang ideal.
  • Pertimbangkan juga apakah Anda menginginkan rak buku yang memiliki penutup atau tanpa penutup. Kelebihan rak yang memiliki penutup adalah buku akan lebih terjaga dari debu dan kelembaban. Sedangkan untuk rak buku tanpa penutup dapat Anda pilih jika Anda sering membaca buku. Sehingga tidak perlu membuka dan menutup pintu setiap kali Anda ingin membaca buku.
  • Selain itu, yang perlu diperhatikan juga yaitu apakah Anda membutuhkan rak buku dengan bentuk horizontal atau vertikal. Ada baiknya Anda memilih rak yang mempunyai dua fungsi tersebut.

 
Belakangan ini rak buku sudut sedang banyak digemari. Ada beberapa alasan mengapa rak buku sudut ini begitu digemari. Salah satunya adalah untuk menghemat area rumah anda. Dengan meletakkan rak buku di sudut ruang, selain tidak memakan tempat juga dapat menjadi pajangan. Rak buku sudut biasanya terbuat dari kayu. Bisa berupa  rak yang diletakkan di pojok ruang atau ditempelkan di dinding. Membuat rumah Anda terlihat lebih rapi.  Bagaimana, apakah Anda berminat dengan rak buku sudut ini? Mulailah mencari inspirasi yang sesuai dengan keinginan Anda dan interior rumah Anda.

Diolah dari berbagai sumber.

Source image : https://www.facebook.com/3dfirstaid/photos