Dapur merupakan ruang yang sangat diperlukan dalam sebuah rumah. Walau pun kadang kala si pemilik rumah tidak mempunyai hobi memasak atau tidak suka di area tersebut, tetapi dapur  mempunyai  fungsi penting dalam sebuah rumah. Apalagi  rumah belum dapat dikatakan sebagai rumah yang sehat dan ramah lingkungan jika didalamnya tidak memiliki ruang untuk memasak atau dapur, Selama ini kita telah mengenal dapur tradisional dan dapur modern. PAda dapur tradisional biasanya masih menggunakan alat tradisional. Sedangkan pada dapur moderna masih dibedakan lagi menjadi dapur basah (dapur kotor) dan dapur kering (dapur bersih). Tentu saja pemisahan ini berlaku jika Anda mempunyai lahan yang luas atau rumah yang luas. Tetapi jika lahan rumah Anda tidak terlalu luas, Anda masih bisa menyiasatinya untuk membuat dapur minimalis yang cantik dan fungsional. 

 

Ada beberapa tips yang bisa di lakukan agar dapur terlihat lebih luas dan mampu menampung kebutuhan memasak Anda.

Meninggikan kabinet

Salah satu cara menyiasati ruangan yang sempit adalah membuat tempat penyimpanan yang lebih besar. Kabinet atas bisa didesain hingga mencapai langit-langit. Dengan demikian volume yang dihasilkan akan lebih besar. Anda bisa meletakkan benda-benda yang jarang Anda gunakan pada  rak paling atas.

Pilih  Model garis lurus

Pilihlah dapur dengan model garis lurus, di satu sisi Anda bisa memanfaatkan untuk memasak, sisi lainnya dapat dipakai untuk penyimpanan

Pergunakan langit-langit

Tidak ada salahnya bila Anda manfaatkan plafon. MIsalnya dengan membuat rak gantung. Dengan cara ini Anda sudah menambah tempat penyimpanan.

Gunakan kompor multifungsi

Pilih kompor yang bentuknya tidak memakan tempat namun memiliki berbagai fungsi, kompor jenis ini akan menghemat tempat

Area Dapur Yang terbuka

Area di sekitar dapur biarkan terbuka jangan ada yang menghalangi. Untuk pintu kabinet bisa memakai kaca es atau kaca transparan. Model ini membuat ruangan seolah-olah lebih luas

Membuat lemari Dapur Lebih Dalam

Lemari dapur dapat dibuat lebih dalam sehingga mampu menampung lebih banyak, tanpa harus mengganggu area kerja

Pergunakan warna terang

Dominasi warna terang pada dinding, lantai maupun kitchen set akan membuat ruangan terasa lebih lega

Pola diagonal lantai

Lantai yang disusun secara diagonal memberikan efek kelegaan, ketimbang lantai yang dipasang secara konvensional.

 

Diolah dari berbagai sumber