Rumah mungil tampak rapi, indah, dan nyaman. Itu jika sang pemilik rumah bisa menata furnitur dengan baik. Rumah mungil memang memiliki keterbatasan, terutama soal kecilnya ruang. Kadang kita tidak sadar akan keterbatasan luas ruang, sehingga pada saat ingin mengisi ruangan dengan furnitur, kita kurang mempertimbangkan  ukuran ruang dan furniturnya sendiri. Alhasil, pada saat furnitur sudah dibeli malah menjadi masalah. Rumah menjadi tidak nyaman dan bertambah sumpek.

Hal seperti ini tidak akan terjadi jika kita sebelumnya telah mengonsep terlebih dulu tata interiornya. Dalam konsep itu pertimbangkan ukuran ruang, ukuran dan bentuk furnitur, fungsi ruang, kebutuhan penghuni, juga prakiraan kondisi rumah tiga-lima tahun mendatang. Prediksi ini penting untuk membuat desain ruang yang masih sesuai kebutuhan, sehingga kita tidak perlu lagi repot mencari furnitur baru. Memasuki tahap realisasi, pilihlah furnitur yang berdisain ramping, dan berukuran sesuai ukuran ruangan. Untuk rumah mungil, furnitur multifungsi merupakan pilihan yang paling tepat.

Furnitur multifungsi adalah furnitur yang memiliki minimal dua fungsi selain memiliki fungsi utama ada dua fungsi tambahan. Misalnya saja tempat tidur ada tempat penyimpanan (laci) yang tersembunyi. Pada dasarnya, sebuah furnitur bisa dimultifungsikan. Kita pun tak sengaja mungkin pernah melakukannya. Seperti meja makan yang selain berfungsi sebagai meja untuk makan, juga untuk bekerja atau untuk belajar. Para produsen furnitur memang sengaja menciptakan furnitur multifungsi. Ada yang membuat ranjang yang digabungkan dengan tempat penyimpanan, meja TV sekaligus rak pajangan, atau lemari yang berfungsi sebagai sekat ruangan. Inovasi ini tidak lepas dari kebutuhan kita akan furnitur yang simpel, praktis, dan tidak memakan tempat. Namun beberapa furnitur itu terkadang kurang memenuhi estetika> jadi jika ingin memiliki furnitur multifungsi yang pas di rumah, sebaiknya jika dipesan khusus. Dengan demikian, ukuran dan bentuknyasesuai ruang dan selera Anda.

Tips memilih furnitur multifungsi

  • Fungsi tambahan pada sebuah furnitur jangan sampai mengganggu fungsi utama. Untuk mengetahuinya coba Anda uji kelayakan fungsi utamanya.
  • Hindari memilih furnitur multifungsi yang fungsi tambahannya terkesan mengada-ada. Pilih yang memiliki keseimbangan desain antara fungsi utama dengan fungsi tambahan
  • Pertimbangkan kemudahan dan kenyamanan. Ini berkaitan dengan penggunaan. Tak hanya penggunaan fungsi utamanya,juga kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan fungsi tambahan.