Lampu yang tepat dapat membangun mood tertentu, bahkan menciptakan efek tertentu susai keinginan kita untuk ruang tertentu. Oleh karena itu, bisa jadi Anda membutuhkan jenis dan jumlah lampu yang cukup banyak dan bervariasi dalam setiap ruang. Tidak terkecuali ruang tamu yang merupakan tempat dimana kita akan menerima dan menjamu tamu. Dan dari ruang tamu inilah tamu akan mendapatkan kesan pertama ketika pertama kali berkunjung ke rumah kita. Ruang tamu tidak perlu berukuran besar hanya untuk memberikan kesan tersendiri bagi tamu yang berkunjung. Walau ruang tamu yang kita miliki kecil atau minimalis, rasa nyaman sebuah ruang tamu masih dapat diberikan.   

Ruang tamu biasanya tidak hanya berisi tempat duduk atau sofa untuk para tamu. Ada beberapa keluarga yang memiliki kebiasaan memajang hiasan dalam ruang tamu, baik itu berupa lukisan, foto keluarga, benda kenangan, benda hobi , atau bahkan benda koleksi favorit. Agar dapat mengoptimalkan tampilan hiasan atau pajangan dalam ruangan ini, maka diperlukan pencahayaan yang bisa menimbulkan kesan hangat, ramah, dan bersahabat dengan posisi arah sinar yang tidak menyilaukan mata. 

Ada beberapa pilihan lampu untuk mengisi ruang tamu. Kebanyakan orang memfavoritkan lampu berdiri dan lampu gantung untuk ruang tamu. Hal ini dikarenakan, kedua lampu tersebut dapat memberikan kesan cahaya yang cukup terang dan hangat. Kedua lampu ini memiliki kesan sendiri-sendiri. Jika lampu berdiri menampilkan kesan modern, sedangkan lampu gantung menampilkan kesan klasik dan mewah. 

 Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika hendak menata lampu

  • Jika Anda memiliki koleksi pajangan seperi keramik, lukisan, atau benda-benda kenangan, maka Anda dapat memanfaatkan lampu dengan arah cahaya terfokus untuk mengekspos barang-barang tersebut. Buat panjangan tersebut menjadi objek yang menarik di dalah satu sudut ruang tamu Anda. 
  • Bila Anda memiliki kain vintage peninggalan nenek Anda, maka jangan buang. Anda bisa menyulapnya menjadi kap lampu yang cantik.  Sehingga Anda bisa mendapatkan kap lampu yang unik, sebab tidak ada yang menyerupai atau menyamainya.