Keberadaan cermin dalam sebuah ruangan memiliki banyak fungsi. Selain sebagai fungsi dekoratif dan praktis, cermin juga bisa dimanfaatkan untuk membuat ruangan terkesan lebih lapang atau lebih terang. Jika ditempatkan berlawanan atau berdekatan dengan jendela, cermin dapat membuat ruang terkesan lebih terang. Sangat ideal digunakan di area yang kecil dan gelap.

Cermin besar dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Cermin seluas dinding dapat menggandakan panjang dan lebar ruang. Usahakan untuk menempatkan cermin sedemikian rupa sehingga memantulkan sesuatu yang menarik. Apakah itu gambar, sekumpulan tanaman atau pemandangan taman. Jika menggunakan cermin berukuran penuh, tempatkan sesuatu didepannya agar terkesan lebih menarik dan untuk mencegah orang berjalan menabraknya. Dengan sedikit kreasi, Anda juga dapat menggunakan cermin sebagai "jendela palsu". Bahkan cermin tak berbingkai pun bisa dimanfaatkan untuk memantulkan cahaya.

Beberapa tips pilih cermin sebagai hiasan rumah :

1. Perhatikanlah ukuran cermin.

Dalam memilih cermin, ukuran cermin benar – benar harus disesuaikan dengan ukuran ruangan yang ada di dalam rumah kamu. Bila kamu mempunyai rumah berukuran kecil maka cermin berukuran sedang hingga besar, sangatlah pas untuk kamu tempatkan pada rumah kamu. Sedang bila kamu memiliki rumah bergaya Eropa dengan langit – langit yang tinggi dan luas, maka cermin berukuran sedang bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Perhatikanlah warna untuk bingkai cermin.

Warna bingkai dari cermin bisa Anda padupadankan dengan warna dinding rumah Anda. Tetapi bila kamu ingin menampilkan kesan alami, kamu bisa pilih cermin dengan warna bingkai seperti silver, hitam atau emas.

3. Selaraskan dengan konsep rumah.

Bila rumah Anda bergaya kuno maka cermin berbentuk oval bisa jadi salah satu pilihan yang baik. Sedangkan bila rumah Anda bergaya modern, cermin berbentuk segi empat atau lingkaran bisa Anda terapkan.

4. Hadirkan cermin sesuai dengan yang dibutuhkan.

Anda bisa menempatkan 2 cermin pada sebuah ruangan. Letakkanlah dengan saling berhadapan sehingga akan menciptkan kesan yang indah dan menarik.