Dapur merupakan ruang favorit bagi siapa saja yang gemar memasak. Aktifitas yang terjadi di area ini, antara lain mengolah bahan makanan menjadi makanan siap hidang. Memotong, mengiris, mencincang, mengaduk, mencampur bahan makanan, merebus, dan lain-lain, merupakan kegiatan yang biasa kita lakukan saat memasak.

Dapur yang baik harus memiliki meja berukuran cukup besar yang dapat difungsikan sebagai tempat "bekerja". Sebaiknya sediakan penerangan yang cukup untuk menerangi meja kerja ini. Letakkan lampu di bagian atas dalam jarak yang cukup dekat dengan arah sorot cahaya ke meja. Atau, pasang lampu dibawah meja kerja (hal ini dapat diwujudkan jika meja kerja terbuat dari kaca sandblast yang tembus pandang. Material ini memungkinkan lampu ditaruh di bawah atau di di dalam bidang horizontal meja).

Dapur yang dilengkapi dengan kitchen set punya kelebihan. Umumnya kitchen set telah dilengkapi titik-titik lampu yang difokuskan ke arah bidang kerja dalam perabot tersebut seperti ke arah meja kerja, bak cuci piring, kompor maupun oven atau microwave.

TIps

Jika dapur Anda tidak dilengkapi dengan kitchen set, curi filosofinya, yaitu menempatkan lampu tepat di atas "meja kerja". Usahakan agar meja kerja tersebut mendapat penerangan terbaik.

Anda juga bisa menempatkan lampu tepat di atas bak cuci piring dan rak penyimpanan piring.