Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa sih sebenarnya slipcovers itu? Yang dimaksud dengan slip covers adalah penutup yang terbuat dari kain, untuk menutup kursi makan, kursi tamu, atau bahkan sofa. Tidak seperti upholstery (kain pelapis) yang dibuat permanen sebagai lapisan jok dan sandaran kursi atau sofa, slipcovers biasanya dibuat tidak permanen. Artinya, jika kotor bisa dilepas, disikat, atau dicuci dan diganti yang lain.
Ada beragam model dan gaya slipcovers. Ada yang hanya sandaran saja yang ditutup, ada yang cuma dudukan atau joknya, tapi ada juga yang keseluruhannya, artinya seluruh bagian kursi atau sofa ditutupi slip covers.  Selain itu, penutup untuk mejanya pun dapat dibuat dari bahan senada dengan slip coversnya. 

Beragam kain bisa dipakai, baik corak kotak-kotak, polos, atau motif bunga. Bisa juga kain dari jenis handuk. Untuk aksen, selain pita, bisa dihias dengan kancing. Nah, berikut ini, ada beberapa contoh slip covers yang bisa Anda tiru sebagai dekor pemanis rumah Anda.