Dalam dunia desain bangunan, bangunan memiliki elemen struktural dan elemen keindahan. Dalam peraturan tak tertulis tata keindahan, ada kesepakatan bahwa elemen struktural ini mesti ditutupi oleh elemen keindahan, karena memang hal tersebut tidak indah. Rangka atap dari balok-balok kayu disembunyikan di balik plafon yang mulus, dan bata pembentuk dinding yang kasar ditutup dengan plesteran dan acian, lalu masih juga dipoles dengan cat.

Tetapi ada beberapa orang yang lebih suka mempertontonkan hal tersebut. Semua elemen struktur yang "jelek" itu sengaja diperlihatkan. tetapi untuk bisa memperlihatkan material seperti itu dengan manis, perlu sentuhan seni pula. Beberapa ide berikut bisa memberikan inspirasi untuk Anda.

Bata di cat

Mungkin Anda menginginkan di beberapa bagian dinding luar maupun dalam rumah Anda, ada yang menggunakan bata merah seperti dibiarkan tanpa plesteran dan acian. Agar bisa menikmati keindahan dari penampilan batu bata merah tersebut, Anda dapat mengakalinya dengan cara  memilih bata yang bentuknya bagus sehingga terlihat rapi. Kemudian, bata-bata tersebut dicat dengan warna yang sangat mirip dengan warna asli bata atau Anda juga bisa mengecatnya secara tidak rata, sehingga nampak permukaan bata tetap kasar, dan bata terlihat seperti asli tanpa polesan, tapi warnanya unik.

Beton Aerasi di cat

Bila dinding rumah Anda menggunakan beton aerasi di beberapa ruang rumah Anda, maka Anda boleh menggunakan beberapa cat untuk membedakan ruang yang satu dengan yang lain. Atau Anda dapat pula menggunakan semen sebagai pengganti cat dinding. Anda dapat membuat adukan semen encer, lalu adukan ini dikuaskan pada dinding seperti layaknya mengecat.

Bila balok kayu diekspos

Karena alasan kurangnya biaya sehingga beberapa bagian dak dan kayu rumah Anda tidak ditutup beton, hal ini pun bisa menjadi hal yang menarik untuk Anda pertontonkan. tergantung bagaimana cara Anda untuk membuatnya tampil seindah dan semenarik mungkin. Inilah saatnya Anda berkreasi untuk membuat rumah Anda tidak hanya nyaman untuk ditinggali juga indah jika dipandang. Selamat berkreasi