Banyak warna dalam perjalanan hidup setiap insan muncul silih berganti meski hanya sekelebat. Bahkan saat kita terjaga dari tidur di pagi hari, tanpa kita sadari, warna telah mendominasi mata dan pikiran. itulah sebabnya membicarakan tentang warna tidak akan pernah ada habisnya.

Warna adalah kunci aspek kesuksesan dalam pekerjaan seorang desainer. Kepekaan dalam penentuan warna sekaligus perpaduannya pada sebuah rumah dapat menimbulkan imej yang kuat bagi si pemilik rumah.

Rumah indah tidak selalu identik dengan ukuran besar dan harga yang mahal. Walaupun berukuran kecil, rumah akan kelihatan menarik dengan perletakan-perletakan nuansa warna yang tepat. Meski harus diakui masih ada beberapa faktor lain semisal pilihan material yang digunakan dan serta pencahayaan yang tepat akan menambah kesan rumah kecil nampak sangat nyaman.

Kita harus ekstra hati-hati dalam menentukan sebuah warna. Penentuan warna yang salah akan berdampak negatif untuk sebuah desain. Misalnya, seluruh dinding kamar dicat warna merah, bisa jadi lambat laun si pemilik kamar akan cepat merasa lelah, tekanan darahnya naik dan cenderung emosional.

Akan berbeda jika warna merah hanya pada satu bidang dinding, misalnya di bagian atas kepala tempat tidur, sebagai estetika kamar. Warna merah ini akan berdampak positif. Kamar juga akan terlihat lebih ekslusif dengan penambahan pencahayaan yang tepat.

Kita dapat memilih warna sesuai fungsi ruangan. Gunakan warna ivory atau warna-warna netral untuk dinding keseluruhan. Sementara warna putih sebaiknya digunakan untuk seluruh plafon agar memberi kesan luas, bersih dan lebih nyaman. Supaya ruangan mempunyai karakter yang kuat sesuai fungsinya, Anda dapat memilih warna-warna khusus di bagian-bagian tertentu.

Ruangan-ruangan yang sering dipakai menampung banyak kegiatan, sebaiknya diberi warna dengan nuansa hangat. Warna hangat memberikan dampak ketenangan, kenyamanan, dan kebersamaan. Sebaliknya, kita dapat menggunakan warna bernuansa dingin untuk di dapur, seperti hijau kebiru-biruan, kuning muda, atau putih. Warna dingin dapat memberikan kesan sejuk serta nyaman dari sumpek dan panasnya kompor.

Perpaduan warna, pencahayaan diimbangi dengan pemilihan furnitur atau perabot, serta penempatan art elements yang tepat membuat rumah menjadi lebih nyaman dan kelihatan jauh lebih baik. Beragam merek cat dengan harga sesuai budget bisa kita pilih.

Tips pemilihan warna

Pastikan warna yang Anda inginkan untuk ruangan yang akan dicat
Cocokkan dengan warna-warna aksesoris, furnitur, atau art elements yang Anda miliki
Buatlah contoh warna sebelum cat dioleskan ke dinding karena warna dari buku contoh belum tentu sama dengan warna sesungguhnya
Carilah tukang yang ahli dalam pengecatan. Cara pengecatan yang buruk akan menghasilkan hasil buruk, sekalipun cat mahal.