Anda yang bekerja di rumah atau yang bekerja di kantor namun masih harus melembur pekerjaan di rumah, menciptakan ruang kerja yang nyaman merupakan suatu keharusan. Kamar kerja di rumah tidak selalu harus seperti di kantor betulan. Namun yang paling penting kenyamanannya perlu diutamakan. Di tempat ini, Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyelesaikan tugas atau menciptakan  suatu kreasi.

Ruang kerja di rumah tidak selalu harus menempati suatu kamar tersendiri, jika memang tidak memungkinkan. Di salah satu sudut ruang tidur pun bisa dibuat menjadi ruang kerja. Yang penting ruang tersebut jauh dari keramaian atau lalu lalang di dalam rumah. tentunya akan lebih nyaman jika ruang kerja tersebut berdiri sendiri dan tidak menyatu dengan ruang lain.

Untuk menciptakan ruang kerja, paling minimal diadakan adalah meja kerja dan kursi yang nyaman dengan penerangan yang baik. Selain itu, perangkat komputer merupakan perlengkapan yang vital.

Jika ruang kerja yang tersedia terbatas, Anda harus merencanakannya dengan baik agar semua peralatan bisa tercakup. Untuk itu yang paling cocok adalah menempatkan lemari dan meja terpadu. Sebaiknya pula perabot ini dibuat sendiri, sehingga Anda dapat menyesuaikan ukuran dan bentuknya dengan ruang yang tersedia. Selain itu, Anda dapat memberikan sentuhan akhir yang sesuai selera.

Jika Anda memerlukan rak buku, maka yang paling ideal adalah memilih rak buku yang menempel di dinding dan menyentuh langit-langit. Rak model ini lebih efisien untuk ruang kerja yang kecil.

Mengenai penerangan, ada beberapa jenis lampu yang dapat digunakan. Lampu sorot, lampu meja yang dapat diatur-atur, dan lampu neon untuk menerangi seluruh ruangan.

Dengan kenyamanan yang ada di ruang kerja, Anda dapat menuangkan seluruh kreativitas.