Dunia ini kaya sekali akan warna. Warna-warna inilah yang membuat hidu kita menjadi lebih bergairah. Dan setiap warna memberikan pengaruh yang berbeda-beda terhadap perasaan kita. Warna-warna ini dapat kita hadirkan ke dalam rumah untuk mempercantik ruangan. Kita dapat mengecat dinding ruang dengan warna-warna yang sesuai selera dan sesuai dengan kesan yang diinginkan.

Ada berbagai warna yang dapat dipilih untuk mewarna dinding ruang. Warna-warna terang membuat ruang terasa lebih hidup. Sementara warna-warna pastel menjadikan ruangan lebih sejuk dan santai.

Warna secara garis besar dapat dibagi dalam dua kelompol yakni kelompok warna hangat seperti merah, kuning, oranye dan warna-warna turunannya, serta kelompok warna sejuk seperti biru, hijau dan violet.

Untuk mewarnai dinding ruang, Anda dapat menggunakan cat atau kertas dinding (wall paper). Kini di pasaran terdapat aneka merek cat dalam gradasi warna yang beragam. Anda dapat memilihnya sesuai dengan keinginan dan keuangan yang ada. Demikian pula dengan kertas dinding. Warna, motif, dan kualitasnya sangat bervariasi.

Sebelum menentukan warna cat, pastikan lebih dulu kesan apa yang ingin Anda peroleh di dalam ruang tersebut. Misalnya untuk ruang tidur, tentunya warna-warna lembut akan lebih cocok karena kesan sejuk yang ditimbulkannya. Anda juga dapat memadukan beberapa warna sekaligus untuk sebuah ruangan. Untuk ini sebaikya pilih warna-warna yang senada, misalnya hijau muda dan kuning muda, biru tua dan kuning.

Tips memilih wallpaper yang serasi untuk ruang

Pertama, pemasangan wallpaper untuk ruang yang tidak terlalu besar atau sempit. Untuk menghindari kesan yang semakin sempit, sebaiknya anda memilih corak dan warna yang terang, hal ini akan memberikan kesan yang cukup luas dan lebar antar dinding, sehingga kesan lapang bisa kita dapatkan.
 
Kedua, untuk penggunaan di area ruang yang cukup luas, jika ruang yang akan anda pasang wallpaper cukup luas, maka anda bisa memilih wallpaper dengan warna agak gelap, seperti coklat, hal ini akan memberikan kesan hangat, atau anda juga bisa memilih warna biru tua, kesan nyaman dan penuh kehangatan bisa kita dapatkan.
 
Ketiga, wallpaper untuk dinding dengan jarak yang cukup jauh atau lebar, anda bisa memberikan wallpaper dengan warna gelap pada sisi dinding kanan dan kirinya, sedangkan dinding diantaranya atau yang berjarak dekat, anda bisa benamkan motif dan warna terang, sehingga hal ini akan memberikan kesan yang lebar untuk dinding yang berjarak  dekat tadi.
 
Keempat, plafon tinggi tetapi ruangan sempit. wallpaper untuk ruang seperti ini, anda bisa mendesainnya dengan motif garis horizontal dan warna terang, ini memberikan efek ruang yang lebih luas dan kesan yang lebih panjang.
 
Kelima, jika plafon rumah anda rendah, anda bisa memberikan motif garis vertical yang akan berdampak secara visual seolah ruangan lebih terkesan tinggi, dan untuk plafon gunakan warna yang terang juga, sehingga kesan sempit bisa dinetralkan.

Sumber: www.disinisaja.com/

credit image:www.berlinhappens.com