Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menata ruang tamu. Dengan sedikit sentuhan, ruang tamu akan terlihat lebih apik sehingga siap menyambut tamu yang datang. Berikut ini tip menata ruang tamu untuk Anda.

Menempatkan furnitur dengan tepat

Optimalkan penempatan furnitur tersebut dengan mengatur peletakannya dengan tepat. Jangan sampai letaknya mengganggu lalu lalang orang yang melewatinya ruang. Sebagai contoh, berikan jarak sekitar 30-50 cm antara kursi dan meja.

Beri penegas antar ruang

Penegas ruang digunakan untuk membedakan fungsi ruang yang satu dengan yang lain. Hal ini terutama untuk ruang tamu yang bergabung dengan ruang lain. Agar berbeda, Anda dapat meletakkan karpet di ruang tamu. Pilihlah warna karpet yang netral sehingga bisa dipadukan dengan furnitur atau benda lain yang ada di ruangan. Namun jika Anda berani, gunakan warna yang mencolok seperti merah.

Beri aksesori pendukung

Asesoris pendukung ini dapat berupa bantal atau bunga yang diletakkan di dalam vas. Namun, Anda jangan asal memilih warna bantal dan bunga. Hendaknya padu padankan dengan warna-warna benda yang ada di ruang itu. Bantal dan bunga dapat juga dipadankan dengan warna dinding. Untuk aksesori bunga, peletakan yang tepat dapat juga berfungsi sebagai pusat perhatian atau focal point ruang tamu.

Tambahkan cahaya dari lampu

Untuk lampu tambahan, Anda dapat menggunakan lampu duduk atau lampu berdiri (standing lamp). Letakkan di sudut ruangan yang menjadi titik pusat perhatian ruang tamu. Dengan tambahan ini, lampu dapat menciptakan suasana yang hangat dari sinar yang dikeluarkan.

Tanaman sebagai penyejuk

Tanaman sebagai elemen eksterior bisa juga berfungsi sebagai elemen interior. Fungsi tanaman yang diletakkan di dalam rumah akan menambah kesan hidup pada ruangan tersebut. Akan tetapi, tidak semua tanaman bisa diletakkan di dalam rumah. Untuk peletakkan dan pemilihan tanaman, harus disesuaikan dengan tema atau konsep ruangan. Hal ini agar konsep atau tema ruang tidak pudar dengan adanya tanaman sebagai tambahan elemen. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin menempatkan tanaman dalam ruangan.
1. Pilihlah jenis bunga dengan warna mahkota yang seragam dan tidak berwarna warni.
2. Pilihlah jenis tanaman dengan daun dan ranting yang tidak terlalu lebat.
3. Jangan meletakkan tanaman dengan jenis yang bermacam-macam dalam satu ruang.

credit image: www.desainrumahmini.com
                         www.pinterest.com