Agar dapat terpasang dan berfungsi dengan baik, gorden membutuhkan tempat bergantung atau yang disebut rel. Saat menentukan rel ini, tidak hanya model gordennya yang perlu diperhatikan. Berat kain pembuat gorden pun perlu dipertimbangkan.

Ibarat kereta yang sedang bergerak, tentunya dibutuhkan rel yang baik agar kereta dapat melaju dengan lancar. Demikian juga dengan gorden. Agar dapat dibuka maupun ditutup dengan baik, dibutuhkan rel gorden yang juga baik dan sesuai dengan model gorden.

Fungsi utama rel gorden adalah untuk menggantung kain gorden dan sebagai "jalan" agar gorden dapat dibuka dan ditutup. Namun saat ini tidak hanya itu fungsi gorden. Semakin pedulinya orang dengan keindahan desain rumah, rel gorden juga menjalankan fungsi sebagai penambah estetika dari gorden itu sendiri dan juga ruangan secara keseluruhan.

Memilih rel sebetulnya pekerjaan yang sedikit sulit, sebab ada begitu banyak pilihan rel yang ada dipasaran baik dari segi desain, bahan, maupun warna.

Saat ini ada 4 bahan yang biasa digunakan untuk rel. Keempat bahan itu adalah besi, aluminium, kuningan, dan kayu. Bahan-bahan tersebut pada dasarnya sangat mudah dijumpai di toko-toko yang menyediakan bahan kain untuk gorden. Selain itu, biasanya ada beberapa toko yang menyediakan plastik PVC.

Rel dari besi cocok digunakan untuk gorden yang bobotnya berat. Boleh-boleh saja jika Anda memakainya untuk bahan gorden yang ringan, tetapi bisa dikata kalau ini merupakan pemborosan karena harga rel besi mahal. Untuk gorden ringan, Anda bisa memilih bahan lain seperti aluminium. Saat ini banyak orang yang menggunakan bahan aluminium ini.

Alternatif lain untuk gorden yang ringan adalahbahan plastik PVC. Bahan plastik ini sering dicatdengan warna metal sehingga dari jauh menyerupai besi. Jika Anda ingin menampilkan yang alami di rumah Anda, Anda bisa menggunakan bahan rel dari kayu. Karena fungsinya sebagai alat penggantung gorden, maka bahan kayu yang dipilih juga berasal dari kayu yang mempunyai kekuatan yang baik seperti meranti atau mahoni.

Tip praktis Seputar rel

Jikaakan menggunakan  bahan besi untuk rel, Anda dapat membuat sendiri. Anda dapat memanggil tukang besi agar dibuatkan model rel yang disenangi. Cara ini dapat sedikit menghemat bila dibandingkan membeli langsung rel besi yang sudah jadi.

Untuk model jendela yang menjorok keluar, jangan lupa Anda memberikan penunjang yang cukup kuat agar mampu menahan berat gorden.

Untuk bahan gorden yang ringan, Anda dapat menggunakan bahan logam aluminium atau plastik PVC dengan diameter kecil.

Agar jalan gorden dapat berjalan dengan baik ketika dibuka maupun ditutup, jangan lupa untuk memberikan semacam minyak pelumas pada rel.

credit image : rentet.wordpress.com