Mungkin ini bukan hanya terjadi pada pintu rumah Anda saja, tetapi bisa terjadi di setiap rumah. Ada banyak permasalahan yang berkaitan dengan pintu rumah. Seperti berderit, pintunya menggesek lantai atau kusen, pintu yang retak dan renggang, atau mungkin bahkan lapuk atau berjamur. Semua permasalahan ini pasti ada solusinya. Ingin tahu apa solusinya? Berikut kami berikan tipsnya untuk Anda.

Pintu berderit

Mungkin masalah yang satu ini, tanpa kami beritahu pun pasti Anda mengetahuinya. Ya, ketika pintu Anda berderit Anda bisa meminyaki engselnya dengan oli bekas, minyak mesin, atau campuran minyak tanah dan minyak gorengdengan perbandingan yang sama. Lakukan hal ini sebulan sekali, agar pintu Anda tidak mengalami masalah seperti ini kembali.

Slot rusak akibat pintu sering terhempas angin

Agar pintu Anda terbebas dari masalah ini, maka lebih baik jika Anda menggunakan door stopper atau Anda bisa mengganjalnya dengan benda tertentu.

Pintu menggesek lantai atau kusen

Jika terjadi karena lapuknya kayu maka yang harus Anda lakukan adalah mengganti pintu dengan yang baru. Jika hal tersebut disebabkan karena engsel yang sudah aus atau copot, maka ganti engselnya dengan yang baru. Jika pintu yang menggesek tersebut karena kayunya memuai, maka bagian kayu yang mengembang diserut.

Pintu renggang dan retak

Olesi celah pintu yang renggang tersebut dengan lem epoxy dan tambal denganĀ  serpih kayu dengan jenis yang sama. Jika celah kecil, cukup tambal dengan dempul kayu.

Finishing pudar dan pecah-pecah

Bersihkan sisa-sisa cat atau pelitur (diamplas) dan lakukan finishing ulang. Pilih finishing yang elastis, tahan air, bisa mengeluarkan kelembaban air dari dalam kayu, dan tahan sinar matahari.

Pintu lapuk dan terserang jamur

Bersihkan bagian pintu yang lunak dan berjamur, kemudian keringkan pintu (dijemur atau dioven). Selanjutnya lakukan finishing ulang.