Peran jendela pada sebuah bangunan termasuk rumah tinggal sangat banyak. Di antara fungsi-fungsi tadi, jendela juga memegang peranan tinggi dalam memberikan nilai artistik sebuah rumah. Dengan bentuk yang tepat, ukuran yang tepat, dan desain yang juga tepat, jendela bisa memperindah sebuah rumah.

Umumnya jendela terbuat dari panel kaca datar, yang diletakkan rata dengan dinding di sebelahnya. Namun bila Anda ingin memberikan dimensi pada tampilan rumah Anda dari luar, Anda bisa menggunakan bay window.

Bay window adalah jendela yang menonjol ke arah luar dari garis dinding. Sementara bila dilihat dari dalam ruangan, akan terlihat adanya ceruk. Bay dalam bahasa Inggris berarti teluk. Teluk sendiri, seperti yang kita tahu, merupakan ceruk lautan yang menjorok ke arah daratan. Mungkin karena jendela ini juga membentuk ceruk makanya diberi nama bay window.

Umumnya bay window berbentuk separuh dari segi enam. Namun sebetulnya jendela ini bisa berbentuk apa saja, seperti separuh segi delapan, separuh lingkaran, atau separuh persegi panjang.

Entah mengapa di Indonesia jarang ada yang menggunakan bay window. Padahal jendela ini bisa menjangkau  cahaya lebih banyak, ini karena dengan lebar jendela yang sama, ada lebih banyak kaca yang digunakan, dan kaca ini membentuk sudut-sudut.

Selain itu, bagian ceruk yang ada di dalam rumah bisa dimanfaatkan untuk meja panjang, tempat duduk untuk membaca, atau bahkan meja kerja. Karena itu biasanya jarak jendela dari lantai disesuaikan dengan fungsi ceruk. Apabila ingin digunakan sebagai meja pajang bisa sedikit agak tinggi. Tapi bila ingin digunakan sebagai tempat duduk, harus agak rendah. Dengan bantal-bantal kursi yang empuk, tentunya nyaman membaca atau sekadar duduk-duduk di depan jendela sambil menikmati indahnya taman.

credit image: nasional.news.viva.co.id