Desain dapur dengan tema klasik sangat berbeda dengan desain yang modern. Dapur klasik identik dengan tampilan kayu yang hangat dan akrab. Dapur dengan gaya klasik sangat kaya akan profil, ukiran kayu, penampilan urat kayu, model kabinet yang tidak selalu kotak, serta pemakaian engsel - engsel berprofil.


Sekalipun demikian desain dapur dengan bertemakan dapur klasik harus mengakomodir perkembangan peralatan masak (appliances) yang semakin modern. Dapur ini memiliki ragam detail dapur klasik/country. Menurut Iskandar, PT Duta Cucindo, dapur jenis ini sangat populer di tahun 90-an hingga tahun 2000.

Keunikannya ada pada kekayaan profil dan detail yang diusung. Dapur dengan table top dari granit warna - warni terlihat mewah namun tetap akrab. Kitchen set yang dibuat dari kayu sungkai pupur dinamakan demikian karena tampilannya seperti dibedaki, terlihat rustik dan sangat menarik perhatian.

Balok - balok yang di ekspos pada plafon, pemakaian lantai batu alam dan cooker hood yang didesain menyerupai tungku pembakaran memunculkan gaya country yang sangat kental.

Sumber: Serial Rumah Dapur