Untuk membuat desain ruang keluarga yang diinginkan kita perlu memperhatikan teknik pencahayaan, warna interior, pilihan furnitur dan penempatannya, serta aksesori adalah aspek - aspek penting untuk menciptakan ruang yang nyaman. Setidaknya, inilah yang harus diperhatikan ketika mendesain sebuah ruang keluarga. komposisi yang pas dari masing - masing aspek tersebut akan menghasilkan sebuah ruang keluarga yang unik dan indah.

Sebagai Focal Point

Rasanya pantas jika ruang keluarga ini boleh dikatakan sebagai focal point untuk rumah ini. Letaknya yang ada di depan dan komposisinya yang hampir menghabiskan separuh luas area bawah ini, membuatnya pantas untuk menjadi pusat perhatian dan mendapat sentuhan khusus agar terlihat indah dan menarik.

 

 

 

Fungsi Dinding pada ruangan ini adalah selain sebagai pembatas ruang, dinding yang diberi warna khusus ini menjadi penanda perbedaan fungsi ruang keluarga dan ruang makan. Tampilannya yang berbeda ini juga menjadi aksen yang menarik di ruang keluarga.

 

 

 

 

 

 

Fungsi dan Seni Pendukung Nilai Ruang ini adalah kekompakan fungsi dan nilai seni menciptakan kenyamanan yang  dapat dirasakan oleh siapapun yang datang dan menggunakan ruang ini. Sofa yang digunakan terdiri dari dua jenis sofa yang berbeda bahan. Yang satu, berbahan kulit dan yang lain berbahan unik (eceng gondok). Tapi, kedua jenis sofa tersebut tetap dalam satu kesatuan dalam mendukung fungsi sebagai tempat duduk yang nyaman untuk sebuah ruang keluarga.

Kursi busa dan Eceng gondok secara fisik, ergonomis diletakkan di ruang keluarga, secara bahan/material, unik dan menarik dipadu dengan bahan lain yang ada di ruangan ini.

 

Lesung berbahan sama dengan meja sangat unik, dan fungsional sebagai pembatas antara ruang keluarga dan ruang perantara (foyer) setelah memasuki pintu utama.

Meja terbuat dari kayu bantalan rel kereta dipadu elemen tembaga di rongga dalamnya dan ditutupdengan kaca pada bagian atasnya. Indah, unik, fungsional di ruang ini. Menurut pemiliknya meja ini bisa dipesan di salah satu industri daerah Kemang.

 

 

 

Taplak dari bahan tenun bermotif etnik serasi
dengan vas bunga di atasnya. Memberi keseimbangan pada keseluruhan desain ruang yang bertema etnik modern ini.

 

 

 

 

 

 

 


Cawan bertuliskan huruf Cina yang menurut pemiliknya punya arti panjang umur ini dibeli di Bali. 

 

 

 

 

 

 

PIring kayu berukir pada bagian tepi memberi sentuhan etnik.

Sumber : Serial Rumah Ruang Keluarga