Pada artikel sebelumnya, untuk membuat sebuah ruang keluarga yang baik, hendaknya memperhatikan faktor posisi dan komposisi dalam memilih dan menata furnitur. Setiap barang yang ada ditaruh pada tempat yang tepat sehingga secara fungsi dapat mendukung fungsi perabot yang lain. Secara proporsi, agar terjadi tampilan yang indah. Diusahakan agar tidak ada satu barang yang tampil dominan menutup kehadiran yang lain. Proporsi setiap jenis barang ini sangat ditentukan oleh luas ruangan yang ada.

Agar komposisi dapat terlihat apik dan terjaga  pada sebuah desain ruang keluarga, maka harus diperhatikan pemilihan dan pemakaian sofa, meja, standing lamp, meja konsul, dan juga aksesori (pajangan) yang ada. Semua kondisi ini harus tertata dengan baik agar dapat mendukung kenyamanan yang ingin diciptakan di ruang ini. Tidak asal memilih model, tekstur dan warna. Namun semuanya direncanakan secara cermat agar kehadiran setiap perabot mendukung terciptanya kenyamanan yang dimaksud.

Agar diperoleh kenyamanan, tidak ada salahnya jika anda menempatkan beberapa model-model multiprurpose pada ruang keluarga anda. Misalnya sofa yang bisa diatur posisi sandarannya sesuai dengan kebutuhan si pemakai. Sehingga pemakai bisa dapat duduk, santai, atau bahkan berbaring dengan nyaman.

Jika memang anda mengharapkan ruang keluarga anda sebagai tempat untuk berbagai aktivitas seperti bersantai, membaca, atau menonton TV, maka interior di ruang keluarga ini sebaiknya dirancang khusus, praktis dan fleksibel. Demikian juga elemen pendukung seperti pencahayaan, tatasuara audio visual yang ada, dan beberapa wewangian (aroma theraphy) yang membangkitkan gairah dan sekaligus ketenangan di dalam ruang.

Sumber : Serial Rumah Ruang Keluarga