Dalam hal  mendesain sebuah ruang keluarga biasanya sangat tergantung pada sirkulasi dan layout di dalam rumah serta penataannya. Seiring gaya hidup masyarakat modern yang lebih terbuka, ruang keluarga kini cenderung disatukan dengan ruang makan dan pantry. Meskipun, ruang keluarga terletak  pada satu area  dengan ruang makan, bila ditata dengan baik, akan menjadi tempat yang sangat nyaman untuk bersantai dan berkumpul anggota keluarga.

Dua buah ruang (ruang keluarga dan ruang makan) yang ada dalam satu area ini, dapat dipisahkan secara semu oleh desain plafon dan pengolahan dinding yang berbeda. Supaya terjadi kesinambungan visual yang baik, pilihan warna sofa pada ruang keluarga dan kursi pada ruang makan dibuat senada.

Ruang keluarga juga bisa menempati bagian bawah void. Dengan berada dibawah void, ruang keluarga akan terasa lebih luas dan lega. Selain itu dapat menjamin terciptanya sirkulasi udara yang nyaman juga memungkinkan terjadinya komunikasi antara anggota keluarga yang ada di lantai bawah dengan yang ada di bagian atasnya. Yang harus Anda perhatikan, anda tidak perlu meletakkan semua pajangan di ruang ini. Cukup perabot yang fungsional dan mendukung estetika yang sebaiknya ada di sana. 

 

Sumber : Serial Rumah Ruang Keluarga