Panel kayu dekoratif dapat menjadi bidang penyekat sekaligus menegaskan area satu ruang. Inilah yang terjadi di ruang keluarga ini. Ruang keluarga yang cukup luas ini berada satu area dengan ruang tamu dan ruang makan. Sebagai penegas dimana letak ruang keluarga, dibuat panel kayu yang menyelimuti satu sisi dinding yang menyambung ke bidang plafon. Jadi, seakan-akan bidang yang ada dibawahnya dipayungi oleh panel itu. Penggunaan bahan kayu pada dinding dan plafon ini memberi suasana hangat di ruang yang "dingin" dengan gaya minimalisnya ini.


Selain sebagai pengarah orientasi pandangan dan fokus di ruang keluarga ini, panel kayu berfungsi pula menyembunyikan ruang lain dibelakangnya yaitu kamar mandi. Pintu kamar mandi dibuat model geser agar tampilannya tidak dominan dan merusak pemandangan.

Warna kontras diaplikasikan pada dinding mejadi aksen dan penegas area. Kursi bening dengan warna serasi melengkapi penampilannya. Perbedaan dengan ruang tamu dicirikan dari warna sofa dan model mejanya. Dudukan sofa lebar dengan sandaran rendah dan bisa dipindah-pindah dipilih untuk ruang keluarga.

Sumber : Serial Rumah Ruang Keluarga