Taman Bunga

Bunga-Bunga Yang Bisa Membawa Energi Positif Di Rumah Anda

Semua pasti sepakat, keberadaan bunga di dalam maupun di luar rumah memberikan efek tersendiri bagi sang pemilik rumah. Ada perasaan tenang dan nyaman ketika rumah dihiasi bunga. Selain bentuknya yang cantik dan baunya yang harum bisa membuat orang berlama-lama berada di dekatnya.

Dengan beragam jenis bunga yang ada, tertata rapi di dalam rumah atau di halaman rumah, tidak hanya membuat rumah tampak asri, juga membuat terlihat lebih indah dan yang pasti membuat lingkungan rumah terlihat lebih segar.

Memang pemilihan bunga sangat tergantung dari sang pemilik rumah. Dan sudah banyak orang yang tahu jika setiap bunga memiliki makna dan arti tersendiri. Namun, tahukah Anda jika simbol bunga pilihan yang diletakkan di rumah juga memiliki arti? Seperti dalam ilmu feng shui yang memiliki kepercayaan bahwa sejumlah bunga memiliki energi positif.

Energi tersebut akan sangat baik bila bisa mengalir di dalam rumah. Rumah menjadi lebih nyaman dan penghuni memiliki kehidupan yang berkualitas. Lalu bunga-bunga apa sajakah yang dipercaya dapat membawa energi positif pada rumah tinggal? Berikut penjelasannya:

Read more ...

Berbudidaya Tanaman Begonia

Bagi penggemar tanaman hias, mungkin banyak orang yang lebih mengenal bunga aglaonema atau anthurium. Tetapi tanaman begonia bisa jadi menjadi tanaman hias yang disukai oleh penggemar tanaman hias. Mengapa demikian? Karena Begonia termasuk tanaman yang mudah berkembang biak, selain itu begonia memiliki bunga yang cantik. Sehingga sangat pas jika Anda menjadikannya sebagai koleksi tanaman di halaman rumah Anda, atau bisa juga dijadikan sebagai tanaman gantung.

Persiapan Pembibitan

Secara umum ada dua tipe begonia: jenis yang tumbuh dari benih/biji dan jenis yang tumbuh dari umbi. Begonia yang ditanam dari biji hingga menjadi tanaman kecil, pertumbuhannya relatif sulit. Sementara, jenis begonia yang berasal dari umbi relatif mudah tumbuh menjadi tanaman besar dan kokoh. Namun kedua varietas tersebut sama-sama memiliki warna bunga yang beragam, seperti nuansa merah muda, putih, ungu, kuning, dan merah. Kedua varietas begonia itu termasuk tanaman semusim (di negara empat musim). Namun demikian, umbinya dapat disimpan dan ditanam lagi. Jika tidak ingin repot merawat benih maupun umbi, Anda bisa datang ke pusat pembibitan tanaman yang terdapat di lingkungan/kota Anda untuk membeli begonia dalam pot yang sudah tumbuh.

Begonia adalah salah satu jenis tanaman hias berbunga yang bisa tumbuh dengan baik di ruang dalam maupun ruang luar. Banyaknya nuansa warna yang dimiliki membuatnya layak ditambahkan dalam koleksi tanaman hias dalam rumah Anda. Apabila Anda menanam begonia di dalam pot, pilihlah lokasi di dalam rumah yang berorientasi ke arah timur, barat, atau selatan. Pot begonia juga bisa diletakkan di beranda yang teduh namun cukup banyak mendapat sinar matahari. Jika Anda menanam begonia di taman/kebun, tempatkanlah di area teduh yang terlindungi oleh tanaman yang lebih besar pada sisi utara taman.

Read more ...

Menghasilkan Mawar Yang Indah Di Pekarangan Sendiri

Jika ditinjau dari dunia flora atau nursery, tanaman ini memang terbilang jenis tanaman lama. Meski demikian, bunga yang satu ini kerap melekat di hati sanubari pecintanya karena keindahan kelopak dan warnanya. Selain digunakan sebagai rangkaian bunga, mawar pun banyak memiliki aneka fungsi seperti parfum, aromaterapi, bahkan untuk campuran masker.

Karena manfaatnya itulah, bunga multifungsi ini tidak pernah hilang urgensinya. Mawar senantiasa dibutuhkan. Alangkah baiknya jika kita menanamnya sendiri di halaman rumah, karena untuk jenis mawar tertentu tidak sulit untuk menanamnya, bahkan dalam pot pun, mawar bisa berbunga.

Mawar berasal dari daratan Cina, Timur Tengah dan Eropa Timur. Dalam perkembangannya, menyebar luas di daerah-daerah beriklim dingin (sub tropis) dan panas (tropis).

Di Indonesia sendiri berkembang aneka jenis mawar hibrida yang berasal dari Belanda. Sementara mawar yang banyak peminatnya, tipe Hybrid Tea dan Medium, memiliki variasi warna bunga cukup banyak, mulai putih sampai merah padam dan tingkat produktivitas tinggi, 120-280 kuntum bunga/m2/tahun.

Varietas mawar Hibrida (hybrid tea) yang telah ditanam di Indonesia adalah Coctail, Diplomat, Idole, Jacaranda, Laminuette, Osiana, Pareo, Samorai, Sonate de Meiland, Sonia, Sweet Sonia, Tineke, Vivaldi, White Success dan Yonina. Sedangkan mawar tipe Medium antara lain Golden Times, Jaguar, Sissel, Laser, dan Kiss. Kelebihan varietas mawar hibrida adalah tahan lama dan warna-warnanya menarik. Mawar tipe Hybrid Tea bertangkai bunga sepanjang 80-120cm, tipe Mediumnya adalah 40-60 cm.

Ada beberapa varietas mawar introduksi yang dianjurkan di dataran rendah Cemelot, Frad Winds, Mr Lincoln, dan Golden Lustee sebagai mawar bunga potong. Sedangkan varietas Folk Song, Khaterina Zeimet, Woborn Abbey dan Cimacan Salem untuk tanaman taman.

Read more ...