Semua pasti sepakat, keberadaan bunga di dalam maupun di luar rumah memberikan efek tersendiri bagi sang pemilik rumah. Ada perasaan tenang dan nyaman ketika rumah dihiasi bunga. Selain bentuknya yang cantik dan baunya yang harum bisa membuat orang berlama-lama berada di dekatnya.

Dengan beragam jenis bunga yang ada, tertata rapi di dalam rumah atau di halaman rumah, tidak hanya membuat rumah tampak asri, juga membuat terlihat lebih indah dan yang pasti membuat lingkungan rumah terlihat lebih segar.

Memang pemilihan bunga sangat tergantung dari sang pemilik rumah. Dan sudah banyak orang yang tahu jika setiap bunga memiliki makna dan arti tersendiri. Namun, tahukah Anda jika simbol bunga pilihan yang diletakkan di rumah juga memiliki arti? Seperti dalam ilmu feng shui yang memiliki kepercayaan bahwa sejumlah bunga memiliki energi positif.

Energi tersebut akan sangat baik bila bisa mengalir di dalam rumah. Rumah menjadi lebih nyaman dan penghuni memiliki kehidupan yang berkualitas. Lalu bunga-bunga apa sajakah yang dipercaya dapat membawa energi positif pada rumah tinggal? Berikut penjelasannya:

1. Teratai

Bunga teratai memiliki bentuk yang cantik. Pernahkah Anda membayangkan memiliki kolam di rumah dengan bunga teratai di atasnya? Pemandangan indah yang bisa dinikmati setiap saat.

Ya, teratai memang melambangkan keindahan. Jenisnya ada banyak dari warna merah, putih, hingga kuning. Dibalik penampilan indahnya tersebut, teratai yang ditanam di rumah dipercaya bisa mendatangkan kebahagiaan, kesejahteraan, dan suasana harmonis dalam rumah tangga.

2. Mawar

Bunga yang identik dengan cinta dan romantisme ini memiliki tampilan indah. Mawar yang memiliki beragam warna dan kerap dijadikan hadiah untuk orang tersayang. Namun, tahukah Anda bahwa mawar tak hanya bersimbol atau bermaknakan cinta.

Sebagian masyarakat percaya bahwa bunga mawar bisa mendatangkan rezeki yang berlimpah, jika ditanam di halaman rumah. Rezeki tersebut tak hanya berkaitan dengan materi, tapi juga tentang keberuntungan dan kebahagiaan.

3. Anggrek

Bunga satu ini juga memiliki banyak jenis dan warna. Bentuknya sangat manis dan menawan. Bunga yang biasanya ditanam di halaman atau diletakkan di dalam ruangan untuk penyedap suasana.

Memiliki bunga anggrek di rumah tak sekadar untuk visual indah semata. Tanaman ini dipercaya sebagai simbol dari kesuburan. Anggrek dapat menghadirkan energi simetri alam murni. Ilmu feng shui juga percaya anggrek melambangkan pencarian dalam setiap bidang kehidupan manusia, baik untuk urusan duniawi maupun spiritualisme.

4. Peony

Bunga ini dikenal sensual dan memiliki aroma wangi. Dalam kepercayan feng shui, peony sudah lama digunakan untuk menyelesaikan permasalahan cinta dan romantisme. Khususnya peony warna merah muda.

Peony kerap dianggap sebagai metafora dari kecantikan seorang perempuan. Meski demikian, peony sebaiknya dihindari diletakkan di kamar tidur untuk pasangan yang sudah berumur. Alasannya agar mencegah timbulnya urusan dengan wanita yang lebih muda.

5. Bunga Matahari

Banyak orang menyukai bunga matahari yang identik dengan warna kuning dan kelopak bundar di tengahnya. Bunga yang kehadirannya membawa keceriaan dan keindahan bila ditanam di halaman, atau diletakkan di dalam rumah.

Keberadaan bunga ini di rumah dipercaya bakal mendatangkan keberuntungan. Konon, bila tanaman ini ditanam di halaman rumah, keluarga yang tinggal akan menjadi lebih tenteram, bahagia, dan harmonis.

Sumber: rumahku.com